Memiliki warna kulit ketiak gelap atau hitam, bukanlah hal yang mengherankan. Hampir sebagian perempuan memiliki permasalahan dengan kulit ketiak gelap. Banyak faktor yang menyebabkan warna kulit ketiak gelap, di antaranya hormon, kurang menjaga kebersihan, penggunaan deodoran, dan seringnya mencukur ketiak. 

Memiliki ketiak yang gelap tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri.Nggak heran jika banyak perempuan yang mencari cara bagaimana memutihkan ketiak. Dari mulai menggunakan produk pemutih ketiak hingga menggunakan alat medis, semua dapat dilakukan untuk dapat memutihkan ketiak. 

Namun, ternyata ada cara alami yang bisa kamu untuk memutihkan ketiak agar lebih aman digunakan dan tentunya minim efek samping. Buat kamu yang ingin tahu bahannya apa saja, ikuti terus artikelnya ya, Bela!

1. Lemon

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamithespruce.com

Buah lemon memang dikenal sebagai bleaching alami yang dapat mencerahkan warna kulit yang gelap termasuk memutihkan ketiak. Selain itu, lemon juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi bakteri pada ketiakmu. Cara penggunaannya cukup mudah lho! Kamu cukup memeras airnya, kemudian gunakan bersama gula sebagai scrub pada kulit ketiakmu. Cara lainnya, kamu juga bisa memotong lemon secara tipis, kemudian gosokkan langsung pada ketiakmu.

2. Baking Soda

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamigenengnews.com

Bahan dapur yang kaya akan manfaat ini juga bisa memutihkan ketiak lho. Kandungannya dapat mengangkat sel kulit mati, sekaligus membuang kotoran yang tersumbat pada pori-pori. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu satu sendok baking soda dicampur sedikit air hingga membentuk pasta, kemudian gosok ke bagian ketiak selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

3. Mentimun

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamihealth.com

Selain bisa menjadi teman terbaik untuk masker wajah, mentimun juga dapat menjadi salah satu cara memutihkan ketiak secara alami lho. Dengan bleaching alami yang dapat mencerahkan warna kulit, mentimun juga dapat memberikan sensasi sejuk yang membuat rileks. Gunakan mentimun dengan memotong secara tipis dan gosokkan pada ketiakmu secara perlahan.

4. Kentang

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamigreatbritishchefs.com

Bagi kamu yang memiliki kulit ketiak yang sensitif, tentunya nggak semua bahan pencerah alami dapat digunakan. Namun, beda cerita dengan sayur yang satu ini. Kentang memiliki agen pemutih dan memiliki kandungan yang dapat mengatasi iritasi atau kemerahan pada kulit ketiak. Cara penggunaanya, kamu cukup kupas kentang, hancurkan hingga tekstur berubah menjadi lembut. Sesudah itu, baurkan pada ketiak sebagai masker, tunggu selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamipond5.com

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai pemutih ketiak adalah lidah buaya. Kandungan Aloesin yang terdapat pada lidah buaya berfungsi sebagai agen yang dapat meghambat pigmentasi pada kulit sehingga teruji ampuh untuk memutihkan ketiakmu. Potong lidah buaya, ambil gel yang terdapat di dalamnya, kemudian baurkan pada ketiakmu. Selain dapat memutihkan, lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi iritasi pada kulit.

6. Cuka Apel

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamijillcarnahan.com

Terbukti sangat ampuh, cuka apel diperkaya dengan kandungan mild acids yaitu asam yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mengatasi bakteri pada ketiakmu. Cara menggunakannya, usapkan cuka apel sebagai toner pada ketiakmu. Gunakan sebelum mandi untuk menghindari baunya yang menyengat. Buat kamu yang memiliki kulit yang sensitif, campurkan cuka apel dengan sedikit air untuk menetralkan keasamannya.

7. Bubuk Kunyit

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alamimedicalnewstoday.com

Kandungan bubuk kunyit yang dikenal dapat mencerahkan kulit wajah, juga dapat digunakan sebagai pemutih ketiak alami. Caranya, campurkan 1 sdm kunyit bubuk dengan 1 sdm susu cair dan 1 sdm madu. Setelah bahan dicampurkan, baurkan pada kulit ketiakmu dan biarkan selama 10 menit hingga menyerap dengan sempurna, kemudian bilas hingga bersih.

Itulah 7 cara memutihkan ketiak dengan bahan alami yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Selain bahannya gampang ditemukan, bahan alami dikenal sangat aman dan minim efek samping. Namun, karena bahan alami bekerja secara perlahan, kamu harus lebih bersabar untuk menunggu hasil akhirnya ya, Bela!

Baca Juga: Ini Cara Ampuh Mencerahkan Ketiak dengan Lemon