Double cleansing menjadi salah satu langkah dalam perawatan wajah yang penting, termasuk untuk tipe kulit berjerawat. Sebab, dengan melakukan double cleansing, sisa makeup atau kotoran yang bisa menyebabkan jerawat akan terangkat lebih sempurna.

Kulit yang bersih membuat kerja skincare juga jadi lebih efektif. Selain itu, wajah juga akan terlihat lebih cerah karena sel-sel kulit mati yang terangkat.

Simak, yuk tips dan cara double cleansing untuk kulit berjerawat yang tepat berikut ini! Pahami supaya hasilnya maksimal tanpa takut iritasi!

1. Pilih produk yang sesuai

Penting Dilakukan, Ini 5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawatpinterest.com

Sama seperti skincare lain, kamu juga harus memilih produk double cleansing yang pas dengan tipe kulit. Untuk kategori kulit berjerawat, pilih yang bahannya ringan dengan formula yang bisa mengurangi minyak.

Pastikan juga produk cleansing kamu punya kandungan anti-inflamasi sepeti vitamin E dan glycolic acid. Untuk kulit kering, pilih cleanser berbahan dasar minyak atau balm. Sementara kulit berminyak lebih cocok dengan cleansing gel atau pembersih berbahan dasar air, seperti micellar water.

2. Waktu yang tepat

Penting Dilakukan, Ini 5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawatbyrdie.com

Kapan kamu harus melakukan double cleansing? Jawabannya boleh pagi atau malam hari. Namun, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebaiknya, lakukan double cleansing di malam hari karena biasanya, wajah sudah kotor dengan sisa makeup atau kotoran usai beraktivitas seharian. Cukup lakukan step  ini sekali dalam sehari. Bila dilakukan secara berlebihan, akan membuat kulit kehilangan kelembapan alami!

3. Lakukan dengan lembut

Penting Dilakukan, Ini 5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawatpurewow.com

Agar tidak iritasi, sebaiknya pelan-pelan saja saat menghapus makeup atau membersihkan wajah. Lebih baik, hindari penggunaan brush karena permukaannya yang lebih tajam. Kamu bisa gunakan tangan yang bersih. Bisa juga menuang produk pada kapas dan diusap secara lembut.

4. Langkah double cleansing yang tepat

Penting Dilakukan, Ini 5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawatbeautyviceblog.com

Pastikan tanganmu bersih, kemudian kamu bisa hapus makeup atau menyeka wajah dengan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit. Usap juga bagian leher, ya!

Setelah itu, kamu bisa lanjut mencuci wajah dengan facial wash. Pastikan tidak ada sisa produk cleansing atau kotoran yang tertinggal. Kemudian, bilas menggunakan air hangat. Seka muka dengan teknik tap atau ditepuk menggunakan handuk bersih.

5. Tahapan paling penting

Penting Dilakukan, Ini 5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawatvivianewoodard.com

Tahapan terakhir, ini merupakan step yang paling penting. Double cleansing bisa membuat kulit jadi kering. Oleh karena itu, selalu pakai moisturizer atau pelembap setelah melakukan perawatan ini ya! Kamu juga bisa menggunakan serum atau sleeping mask untuk menjaga kesehatan kulit!

Bagaimana? Sudah paham kan tips dan trik melakukan double cleansing untuk kulit berjerawat? Segera praktikkan dan jangan sampai keliru lagi ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tips Double Cleansing untuk Kulit Berjerawat, Gak Akan Iritasi!"

Baca Juga: Ini Manfaat yang akan Kamu Dapat dari Rutin Melakukan Double Cleansing

Baca Juga: Ini Pentingnya Double Cleansing Ketika Menggunakan Masker 

Baca Juga: Double Cleansing Itu Penting! Ini Produk yang Bisa Kamu Coba