Jerawat merupakan salah satu musuh terbesar bagi perempuan. Satu jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tak hanya itu, tumbuhnya jerawat juga menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Banyak orang yang tidak menyadari timbulnya jerawat disebabkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan.  

Selama ini, perempuan hanya berpikir bagaimana caranya menghilangkan jerawat. Namun, tidak menghindari kebiasaan buruk penyebab jerawat. Berikut ini kebiasaan buruk sehari-hari yang mempercepat tumbuhnya jerawat dan jarang disadari.  

1. Sering mencuci wajah

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatPexels.com/Andrea Piacquadio

Keinginan untuk menjaga kesehatan kulit itu penting. Namun bukan berarti kamu harus sering mencuci wajah tanpa perkiraan. Pasalnya, terlalu sering mencuci wajah hanya akan memperburuk kondisi kulit. Kulit yang sering terkena cairan pembersih akan kehilangan minyak alami. 

Kemudian kulit memproduksi minyak lagi hingga akhirnya tumbuh jerawat. Mencuci wajah yang ideal disarankan pada pagi dan malam hari. Gunakan sabun atau krim pembersih seujung jari, beri pijatan memutar, bilas sampai bersih. Keringkan wajah dengan handuk lembut.  

2. Menggosok kulit terlalu keras

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatElementhealing.com

Demi wajah yang bersih, kita kerap menghalalkan segala cara, termasuk menggosok wajah dengan keras. Padahal exfoliant yang terlalu keras dapat menyebabkan iritasi kulit. Tak berhenti sampai disitu, kulit juga menjadi lebih sensitif dan merangsang pertumbuhan jerawat. Kamu hanya perlu mencuci wajah dengan sabun atau krim pembersih. Bilas dengan air hangat, pijat lembut di bagian pipi, dahi, hidung dan dagu. 

3. Membiarkan keringat berdiam di wajah

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatFreepik.com

Usai melakukan aktivitas, tubuh mengeluarkan banyak keringat. Segera membersihkan keringat tersebut dengan mandi. Kamu juga mengelap keringat dengan handuk terlebih dahulu. Hindari, kebiasaan mendiamkan keringat dalam waktu lama usai beraktivitas. 

4. Asal-asalan memilih kosmetik

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatFreepik.com

Tumbuhnya  jerawat bisa dikarenakan kesalahan  saat memilih produk kosmetik. Asal beli karena sedang tren bisa jadi malapetaka bagi kulitmu. Pilihlah kosmetik yang mengandung non acnegenic atau non comedogenic untuk menghalau tumbuhnya jerawat dan komedo. Dengan begitu, wajah bisa bebas dari jerawat dan tumpukkan minyak berlebih. 

5. Produk rambut menempel di kulit

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya Jerawatdaily.jstor.org

Jerawat tidak hanya datang dari kulit wajah saja. Kebiasaan buruk saat menggunakan gel rambut juga bisa jadi penyebabnya. Ketika kamu menggunakan gel, hairspray maupun minyak rambut, terkadang beberapa helai menyeka wajah dan meninggalkan bekas produk tersebut. Produk rambut yang menempel pada kulit menyumbat pori-pori wajah kemudian memicu tumbuhnya jerawat. 

6. Konsumsi makanan berminyak

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatFreepik.com

Kelezatan dan kenikmatan gorengan memang susah banget ditolak. Dalam seminggu seseorang bisa menghabiskan lebih dari 5 potong gorengan. Kebiasaan ini rupanya memicu tumbuhnya jerawat yang lebih buruk. Pasalnya gorengan mengandung lemak jenuh, lemak trans dan minyak dihidrogenasi. 

7. Memencet jerawat sembarangan

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya JerawatPexels.com/Andrea Piacquadio

Gregetan merupakan kata yang paling tepat saat melihat jerawat di wajah. Rasanya ingin memencet dan memusnahkannya. Namun, kebiasaan buruk ini justru menambah tumbuhnya jerawat. Karena tekanan tersebut meningkatkan peradangan kulit. Nanah atau cairan dalam jerawat akan keluar, namun bekasnya akan susah hilang. Ada baiknya, gunakan krim anti jerawat untuk mengempeskan jerawat.  

Segera hentikan kebiasaan yang menyebabkan jerawat dan sering tak disadari di atas ya, Bela, demi tampilan wajah yang halus, mulus dan bebas jerawat.

Baca Juga: Selain Skincare, Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan Cepat

Baca Juga: Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pelembap yang Cocok untuk Kulit Berjerawat