Jelang hari pernikahan, calon pengantin melakukan berbagai perawatan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Salah satunya dengan mencerahkan area intim yakni selangkangan. Ada berbagai metode untuk mencerahkan selangkangan. Mulai dari tradisional sampai modern.  

Warna gelap pada selangkangan disebabkan melanin yang berlebihan pada kulit. Makanya, kondisi ini membuat perubahan warna kulit paha dalam sampai area vagina cenderung lebih gelap. Ketidakseimbangan hormon sampai obesitas juga bisa menjadi pemicu warna selangkangan menjadi gelap.  

Tenang, Bela! berikut ini sederet bahan-bahan alami yang bisa mencerahkan selangkangan tanpa efek samping. 

1. Scrub gula

Biar Bersih, Ini 5 Tips Ampuh untuk Mencerahkan SelangkanganFreepik.com

Seperti yang kita ketahui, scrub gula dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Sel kulit mati di area selangkangan dapat terangkat sehingga permukaan kulit menjadi lebih cerah. Kamu bisa mengambil satu sendok gula pasir kemudian campurkan dengan madu. Oleskan di sekitaran kulit selangkangan yang gelap, gosok perlahan dan menyeluruh. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. 

2. Oatmeal dan yogurt

Biar Bersih, Ini 5 Tips Ampuh untuk Mencerahkan SelangkanganUpcominghealth.com

Oatmeal dan yogurt sering dijadikan sebagai menu makanan sehat yang memberikan banyak manfaat. Tak hanya berguna di dalam tubuh, campuran dua bahan tersebut rupanya juga bisa mengatasi permasalahan kulit luar. Area selangkangan dapat lebih cerah dengan kandungan asam laktat yang terdapat pada yogurt dan oatmeal. 

Campurkan tiga sendok yogurt dan oatmeal. Balurkan campuran tersebut seperti lulur, kamu bisa menggosok lembut area tersebut. Potongan oatmeal mampu berperan sebagai scrub dan mengangkat sel kulit mati selangkangan.  

3. Kentang

Biar Bersih, Ini 5 Tips Ampuh untuk Mencerahkan SelangkanganPixabay.com

Kandungan katalase pada kentang dapat membantu mencerahkan kulit termasuk area selangkangan. Tak perlu repot, kamu hanya perlu menggosok irisan kentang selama 15 menit menit. Kemudian bilas sampai bersih. Selain itu, sebagai sayuran yang mengandung antibiotik ini juga bisa meningkatkan proses regenerasi kulit secara sempurna. 

4. Lemon

Biar Bersih, Ini 5 Tips Ampuh untuk Mencerahkan SelangkanganPixabay.com/Rawpixel

Tinggi akan kandungan vitamin C, membuat lemon dipercaya sebagai buah yang dapat mengobati hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, asam alpha hidroksi pada lemon juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang jadi penyebab warna gelap kulit. Kamu juga mencampurkan minyak kelapa dalam perasan lemon. Oleskan sedikit saja sambil diberi pijatan. Tapi ingat, saat menggunakan lemon, hindari area vagina ya. 

5. Strawberry

Biar Bersih, Ini 5 Tips Ampuh untuk Mencerahkan SelangkanganFreepik.com

Si buah cinta yang memiliki rasa asam ini ternyata menyimpan manfaat untuk mengatasi flek hitam pada kulit. Kandungan ellagic yang ada pada strawberry berperan penting untuk mencerahkan kulit secara alami. Ambil 3 buah strawberry, tumbuk sampai halus. Campurkan dengan 2-3 sendok makan susu. Gunakan sebagai lulur di area selangkangan.  

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana caranya mencerahkan area selangkangan secara alami dan cepat. Langkah ini akan menambah kebahagiaanmu di hari spesial nanti. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersih