Penumpukan minyak berlebih pada wajah kerap berpusat di area T-zone yakni sekitar dahi, hidung dan dagu. Mengingat area T zone memang memiliki jumlah kelenjar minyak lebih banyak daripada bagian lainnya. Makanya nggak heran kalau jerawat atau komedo berebut untuk tumbuh di sana. 

Kunci keberhasilan untuk menghalau pertumbuhan jerawat di area T-zone bisa kamu lakukan dengan berbagai perawatan sederhana. Berikut tips untuk mengatasi penumpukkan minyak dan mencegah timbulnya jerawat di area T-zone. 

1. Rutin mencuci wajah

5 Cara Musnahkan Jerawat dan Minyak di Area T-zoneFreepik.com

Menjaga kebersihan di seluruh tubuh itu kewajiban. Begitu juga dengan area wajah. Biasakan untuk mencuci wajah secara teratur. Hal ini guna mengangkat sel kulit mati, bakteri, kotoran, debu dan minyak yang menumpuk. 

Waktu yang direkomendasikan untuk mencuci wajah yakni pagi hari usai bangun tidur, malam hari sebelum tidur dan setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Gunakan produk pembersih wajah yang mengandung licorice, hyaluronic acid, vitamin c, retinol dan tea tree oil. 

2. Kelola minyak dengan toner

5 Cara Musnahkan Jerawat dan Minyak di Area T-zonePexels.com/Cottonbro

Tak hanya sabun, kulit wajah juga membutuhkan pembersih tambahan untuk mengangkat tumpukkan minyak secara keseluruhan. Toner non alkohol dapat membantu kulit mengikis kelenjar minyak berlebih penyebab jerawat dan maupun peradangan kulit. Karena toner yang mengandung alkohol dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak lebih banyak.  

3. Meminimalisir minyak dengan pelembap

5 Cara Musnahkan Jerawat dan Minyak di Area T-zoneFreepik.com

Memastikan untuk tidak terjadi penumpukkan minyak pada wajah bukan berarti membiarkan kulit dalam kondisi kering. Sebaiknya, kulit dalam keadaan seimbang, artinya tetap memiliki kelembapan. Pilihlah pelembap yang mengandung non-comedogenic dengan tekstur gel. Karena memudahkan produk untuk menyerap ke kulit lebih cepat. Sertakan pula pelembap yang mengandung SPF bawaan sesuai kebutuhan kulit.

4. Kertas penyerap minyak

5 Cara Musnahkan Jerawat dan Minyak di Area T-zoneInstagram/cleanandclearid

Kertas minyak menjadi salah satu produk makeup yang populer di kalangan perempuan zaman now. Praktis dan multifungsi merupakan gambaran yang sering diungkapkan. Karena, bukan hanya menyerap penumpukkan minyak, kertas tipis dengan tekstur halus ini juga mampu meminimalisir kilap pada wajah.  

5. Batasi produksi minyak dengan bedak

5 Cara Musnahkan Jerawat dan Minyak di Area T-zonesheknows.com

Kondisi kulit berminyak dan berjerawat seringkali memengaruhi ketahan makeup. Sebaiknya, pilih makeup dengan tekstur bubuk. Hindari penggunaan krim atau cairan sebagai base makeup. Karena makeup bubuk bisa menyerap minyak lebih cepat. Dengan begitu, tatanan makeup kamu bisa tahan lebih lama lagi.  

Untuk menyempurnakan tips tersebut, kamu juga bisa mengimbangi dengan konsumsi makanan dan minuman seperti madu, oatmeal. lidah buaya serta teh hijau. 

Baca Juga: Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah