Timbul jerawat atau bruntusan memang berhasil bikin bad mood seharian. Penampilan jadi nggak stand out, mengaplikasikan makeup juga tak menutupi tekstur kulit yang kasar. Pokoknya jadi serba salah, deh.

Padahal, berbagai macam tips mengurangi jerawat sudah kamu lakukan selama ini, seperti menggunakan skincare yang tepat dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Nah, kemungkinan besar kondisi tersebut bukan jerawat biasa, melainkan fungal acne.  

Wah, apa itu fungal acne? Kalau kamu masih bingung dengan permasalahan kulit ini, Popbela akan membagikan ciri-ciri fungal acne dan cara mengatasinya. Penasaran? Simak baik-baik ya, Bela!

Pengertian fungal acne

Serupa tapi Tak Sama, Ciri-ciri Fungal Acne dan Cara Mengatasinyawexnermedical.osu.edu

Fungal acne merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh berkembangnya jamur pada bagian dalam folikel rambut, atau bahasa ilmiahnya adalah malassezia (pityrosporum) folliculitis. Penyebab berkembangnya jamur pada kulit ini juga sangat beragam, seperti terlalu banyak berkeringat, kondisi udara yang lembap, menggunakan skincare yang tak tepat, kehamilan, sistem kekebalan tubuh lemah, atau mengenakan pakaian terlalu ketat.

Ciri-ciri fungal acne

Serupa tapi Tak Sama, Ciri-ciri Fungal Acne dan Cara Mengatasinyapds.org.ph

Kalau dilihat dengan kasat mata, fungal acne dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri memiliki bentuk yang hampir serupa. Namun, fungal acne biasanya berbentuk seperti bintik kecil yang bertekstur dengan jumlah yang sangat banyak dalam satu area. Fungal acne biasanya muncul di dada, dahi, tangan, punggung, atau dahi. 

Selain itu, ciri-ciri fungal acne juga akan terasa lebih gatal dan meradang ketika cuaca sedang panas atau terpapar sinar matahari langsung. Sebaiknya, kamu jangan menggaruk secara berlebihan, karena bisa menimbilkan kulit jadi iritasi, dan memperparah kondisi fungal acne. 

Cara mengatasi fungal acne

Serupa tapi Tak Sama, Ciri-ciri Fungal Acne dan Cara Mengatasinyarealsimple.com

Beda penyebab, beda juga cara mengatasi fungal acne. Seringkali skincare untuk kulit jerawat yang biasa kamu temukan itu justru memperparah kondisi fungal acne. Untuk itu penting banget untuk mengetahui cara mengatasinya. Apa saja?  

  • Mandi secara tertatur

Mandi sudah menjadi sebuah keharusan jika kamu ingin selalu bersih dan bebas bakteri, termasuk dari fungal acne. Nggak hanya di wajah aja, nyatanya fungal acne juga muncul di berbagai bagian tubuh, apalagi bagian yang sering berkeringat. Untuk itu, bersihkan seluruh tubuhmu dengan seksama, ya. 

  • Gunakan skincare dengan kandungan salicylic acid

Nah, untuk perawatan kulit dalam mengatasi fungal acne, pilih produk yang mengandung salicylic acid karena dipercaya dapat membantu mengurangi penumpukan folikel rambut yang berpotensi menyebabkan munculnya fungal acne. Kamu bisa menggunakan produk perawatan seperti sabun, serum, atau obat totol jerawat. 

  • Hindari skincare yang mengandung fatty acid 

Nah, jamur dapat bertahan dengan memakan fatty acid atau asam lemak. Fatty acid ini biasanya bisa ditemukan di dalam kandungan skincare, seperti asam laurat, asam linoleat, dan minyak kelapa. Untuk itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih skincare agar jamur tidak berkembang biak di kulit. 

Nah, itu dia ciri-ciri fungal acne dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini membantu masalahmu ya, Bela. Stay glowing! 

Baca Juga: Alami Fungal Acne? Ini 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari

Baca Juga: 7 Rekomendasi Acne Patch Buat Kamu Pemilik Kulit Berjerawat

Baca Juga: Rekomendasi Krim Malam untuk Kulit Berjerawat, Bye Acne!