Akhir-akhir ini kita seperti ditampar oleh kenyataan bahwa sekarang bumi sudah tidak lagi sehat seperti dulu. Sampah plastik, limbah kimia, dan rusaknya terumbu karang membuat kerusakan bumi semakin terlihat. Dan melatarbelakangi hal ini, tujuh brand kecantikan hadir dengan mengusung produk yang ramah lingkungan! Kapan lagi kan kamu tetap tampil menawan, sambil menjaga bumi kita tercinta. Seperti apa produknya? Intip, Yuk! 

1. Sukin

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/sociolla

Produk kecantikan asal Australia, Sukin adalah produk perawatan untuk wajah dan tubuh yang terbuat dari bahan natural, serta tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh dan bumi. Selain menggunakan bahan-bahan natural yang aman untuk kulit, Sukin juga tidak melibatkan hewan dalam prosesnya.

Hingga saat ini, Sukin terus berkomitmen untuk menyediakan produk yang 100% vegan dan cruelty free. Banyak sekali produk yang bisa kamu coba sesuai dengan jenis kulit. Dan. bagi yang memiliki kulit berminyak, rangkaian Oil Balancing ini cocok banget untuk kamu!  

2. Sensatia Botanicals

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/sensatiabotanicals

Sensatia Botanicals merupakan produk kecantikan yang berasal dari Bali dan didirkan sejak tahun 2000. Brand lokal ini berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk yang aman bagi lingkungan karena semua produknya terdiri dari bahan-bahan natural.

Yang lebih menakjubkannya lagi, Sensatia Botanicals selalu menghadirkan produk-produk yang menjawab semua kebutuhan kamu. Mulai dari shampoo, body wash, lotion, essential oil, dan yang terbaru adalah scrub dan masker untuk wajah. Terdiri dari lima pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan jenis kulit.  

Brand lokal ini sangat berkembang pesat sehingga telah menjadi trademark di lebih dari 40 negara, dengan lebih dari 200 produk yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

3. Innisfree

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/innisfreeindonesia

Memiliki filosofi naturalisme, Innisfree hadir menjadi salah satu produk kecantikan asal Korea. Dan ternyata, agar semakin dekat dengan alam, pusat laboratorium kecantikan nya terletak di kebun teh hijau pulau Jeju. 

Selain itu, mereka juga memiliki ahli perawatan kulit dan produk untuk mempelajari lingkungan dan tanaman dengan tujuan membantu mengembangkan perawatan kulit yang lebih bermanfaat bagi konsumen setianya. 

Saat ini, produk Innisfree sudah berhasil mengurangi emisi karbon, dengan menggunakan 70 persen bahan-bahan alami dalam seluruh rangkaian produknya. Agar mudah mendaur ulang, Innisfree juga menyarankan para konsumen untuk dapat mengembalikan kemasan produk mereka yang kosong ke toko Innisfree terdekat.

4. Trilogy

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/trilogy_id

Lagi, produk kecantikan asal Australia yang memilih menggunakan bahan baku natural. Selain itu, brand yang dimiliki oleh kakak beradik ini juga menjadi bagian dari empowerment pada UN Women New Zealand yang mendukung untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak-anak, lho!

Selain aman bagi bumi, ternyata produk natural juga tidak membuat kamu ketergantungan, sehingga sangat aman dan kamu bisa gunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan natural yang terdapat pada produk Trilogy juga tidak terlalu keras pada wajah, sehingga dapat menghindari kerusakan pada kulit.

5. Skin Dewi

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/skindewi

Berangkat dari sang anak yang memiliki alergi dan atopic dermtitis, Dewi, pemiliki Skin Dewi akhirnya mencoba membuat sendiri produk menggunakan bahan natural. Karena, ia telah mencoba berbagai macam produk untuk kulit sensitif, tetapi belum ada yang cocok. Akhirnya, ia memutuskan untuk membuat sendiri menggunakan bahan natural. Dan, ini merupakan cerita awal terciptanya Skin Dewi. 

Skin Dewi berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk alami yang berkualitas. Seluruh formula menggunakan bahan alami bersertifikat dan tidak melibatkan hewan. Semua produk dibuat dalam skala kecil, sehingga ketika kamu membeli produk masih sangat fresh dan kandungan naturalnya terjaga.

6. The Body Shop

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan instagram.com/thebodyshopindo

Brand kecantikan asal Inggris ini memang lekat dengan komitmen mereka untuk selalu menjaga kesehatan bumi. Dalam setiap produknya, The Body Shop selalu menggunakan bahan alami yang mudah terurai. 70 persen dari kemasan produknya juga tidak menggunakan bahan bakar fosil yang membahayakan, sehingga 100% botol plastiknya bisa didaur ulang. Untuk itu, The Body Shop menerima kembali botol produk yang sudah habis, agar dapat didaur ulang! Dan, tentu saja tidak melibatkan hewan. 

7. Love Beauty and Planet

7 Produk Kecantikan yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan 

Kamu pasti sudah tahu kalau banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan plastik sebagai bahan kemasannya. Dan salah satu perawatan kulit yang mengusung ramah lingkungan adalah Love, Beauty & Planet! 

Setiap produknya menggunakan kemasan yang 100% terbuat dari plastik daur ulang. Selain itu, produk kondisioner nyapun menggunakan teknologi fast rinse technology yang membuat rambut lebih mudah dibilas sehingga kamu akan lebih hemat air.

Itu dia tujuh produk kecantikan ramah bagi lingkungan tetapi juga aman untuk kulit. Kamu sudah pernah mencoba yang mana nih, Bela?