Menggunakan makeup sebelum keluar rumah menjadi sebuah keharusan bagi sebagian perempuan. Bukannya ingin mengubah penampilan, tetapi mengaplikasikan riasan mampu menutupi kekurangan dan mendorong kepercayaan diri.

Tetapi sayangnya masih banyak perempuan yang kurang tepat dalam menggunakan makeup, terutama bagian complexion. Kadang ada yang memilih warna base lebih terang, nggak jarang juga yang memoleskan warna lebih gelap.

Nah, untuk menentukan shade complexion yang tepat, kamu harus mengenal perbedaan skintone dan undertone. Kalau masih bingung apa saja perbedannya dan bagaimana cara mengetahuinya, Popbela sudah merangkumnya untuk kamu. Seperti apa? Check this out!

Skintone

Wajib Tahu! Perbedaan Skintone dan Undertone Serta Cara Mengetahuinya100percentpure.com

Skintone merupakan warna kulit yang terlihat langsung secara kasat mata, seperti kulit putih gading, kuning langsat, sawo matang, ataupun deep tan. Skintone dapat berubah karena beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, penggunaan skincare, dan kebiasaan sehari-hari. Jika sedang berkaca, pasti kamu bisa menentukan skintone kulitmu. 

Undertone

Wajib Tahu! Perbedaan Skintone dan Undertone Serta Cara Mengetahuinyaself.com

Berbeda dengan skintone, undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen atau keturunan. Hal ini menunjukan bahwa undertone tidak dapat berubah meskipun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Umumnya, undertone kulit terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: cool, warm dan neutral. 

Nah, jika melihat orang yang memiliki warna kulit yang serupa dengan tone kulitmu, belum tentu kalian punya undertone yang sama. Untuk itu, kamu harus mengenali undertone dan skintone secara seksama agar dapat menentukan complexion yang tepat. Nah, untuk mengetahuinya, kamu bisa ikuti tiga cara di bawah ini! 

1. Melihat pembuluh darah

Wajib Tahu! Perbedaan Skintone dan Undertone Serta Cara Mengetahuinyabeautylish.com

Cara ini dianggap paling mudah dan memiliki hasil yang cukup akurat dalam menentukan undertone kulit. Jika pembuluh darah cenderung berwarna hijau, berarti kamu memiliki warm tone. Kalau cenderung biru, maka undertone kamu adalah cool. Sedangkan, kalau pembuluh darah cenderung keunguan, berarti undertone kulitmu adalah neutral. Untuk hasil yang maksimal, pastikan tangan kamu berada di bawah cahaya yang cukup tergang agar terlihat lebih jelas.

2. Kenakan nail polish berwarna hijau dan biru

Wajib Tahu! Perbedaan Skintone dan Undertone Serta Cara Mengetahuinyapinterest.com

Nggak hanya mempercantik penampilan, nail polish juga bisa menjadi cara untuk menentukan undertone kulit. Caranya, gunakan nail polish berwarna hijau dan biru di kedua kuku secara bersamaan. Kemudian lihat warna mana yang lebih cocok dengan kulit kamu. Jika biru maka undertone kulit kamu adalah cool, sebaliknya jika hijau nampak lebih manis, maka kulitmu merupakan warm undertone. Kalau cocok dua-duanya, sudah dipastikan undertone kulitmu adalah neutral. 

3. Menggunakan perhiasan silver dan gold

Wajib Tahu! Perbedaan Skintone dan Undertone Serta Cara Mengetahuinyathehoneycombers.com

Belum juga yakin? Tes menggunakan perhiasan silver dan gold bisa kamu coba lho, Bela. Caranya, kenakan perhiasan berwarna gold dan silver. Jika lebih cocok menggunakan warna silver, maka kemungkinan besar undertone kulitmu adalah cool. Sedangkan, kalau kulitmu cocok dengan warna gold berarti kulitmu memiliki warm undertone. Jika keduanya terlihat pas, berarti kamu memiliki neutral undertone. 

So, itu dia perbedaan skintone dan undertone, beserta cara mengetahuinya! Mulai saat ini, jangan salah lagi ya ketika memilih warna complexion yang sesuai warna kulitmu! 

Baca Juga: Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!

Baca Juga: Biar Lebih Flawless, Kenali 5 Teknik Pengaplikasian Foundation Ini

Baca Juga: Review: Joylab Skintone Moisture Tint, Pelembap yang Bikin Flawless