Memiliki kulit mulus dan terhindar dari noda hitam, merupakan keinginan semua perempuan. Tapi ternyata untuk mencapai kulit mulus tersebut tidak mudah. Jerawat, bruntusan, whitehead, dan blackhead hadir menghiasi kulit wajah kita. Kamu tahu tidak, bahwa ternyata itu semua berbeda loh. Seperti apa ya perbedannya? Yuk, kita simak!

1. Jerawat

Ternyata, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusanelle.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jerawat. Jerawat pada umumnya adalah kondisi dimana pori-pori pada kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Terdapat beberapa jenis jerawat, di antaranya: jerawat batu, jerawat pustula, dan jerawat hormonal.

Penyebab munculnya jerawat pun juga beragam, mulai dari stres, makanan yang dikonsumsi, pengunaan skincare yang tidak cocok, hormon, pengunaan kosmetik, dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali metode yang menjanjikan dapat menghilangkan jerawat. Tetapi cara paling mudah adalah dengan banyak minum air putih, mengurangi makanan penyebab jerawat, dan juga mengurangi tingkat stres kamu.

2. Bruntusan

Ternyata, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusanpinterest.com

Selain jerawat, bruntusan juga menjadi salah satu yang mengganggu penampilan kamu. Bruntusan sendiri adalah dimana kondisi kulit yang permukannya kasar dan tidak rata. Jika kamu raba, bruntusan ini akan terasa kasar dan terdapat bitnik-bintik kecil yang muncul di permukaan kulit.

Seringnya, bruntusan terjadi pada satu bagian wajah dan mengumpul. Penyebab bruntusan pun tidak jauh beda dengan jerawat, yaitu dimana pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.Untuk mengurangi bruntusan kamu bisa rajin melakukan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati kamu terangkat dan bebas dari bruntusan. 

3. Blackhead

Ternyata, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusanpinterest.com

Blackhead terjadi karena minyak terperangkap di dekat pori-pori lalu terpapar sinar matahari atau udara dari luar. Lubang pori-pori yang besar dan terbuka terkena udara dan menyebabkan komedo yang berwarna hitam. Proses inilah yang menyebabkan campuran antara minyak dan sel kulit mati. 

Untuk mengurangi blackheads kamu bisa melakukan exfoliasi dengan menggunakan salicylic acid atau kamu juga bisa memakai BHA peel. Usahakan untuk jangan pakai scrub atau pore strip karena dapat membuat pori-pori kamu semakin besar.

4. Whitehead

Ternyata, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusanmenstitan.com

Berbeda dengan blackhead, whitehead disebabkan karena minyak berlebih dan sel kulit mati yang masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Pori-pori kecil membuat campuran minyak dan sel kulit mati yang tidak teroksidasi, ini merupakan penyebab mengapa jika kamu memencet komedo akan keluar lemak putih.

Untuk mengurangi whitehead, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung glycolic acid dan salicylic acid yang akan berfungsi untuk menghilangkan minyak dan mengikis sel kulit mati. Atau jika kamu memiliki whitehead yang cukup banyak, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan dan melakukan facial treatment.

Itu dia perbedaan jerawat, bruntusan, blackhead dan whitehead. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mewujudkan kulit mulus dan halus ya, Bela!