Dari dulu sampai sekarang daun binahong dikenal sebagai tanaman yang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, daun binahong sering dijadikan bahan utama untuk membuat obat-obatan herbal karena mengandung vitamin C, vitamin A, beta karoten, alkoloid, saponin dan lain sebagainya.

Tak hanya dapat menyembuhkan dan melindungi tubuh dari penyakit, daun binahong juga bermanfaat untuk kulit. Nah, mungkin daun binahong bisa menjadi solusi untuk permasalahan kulit yang selama ini kamu alami. Kira-kira apa saja manfaat daun binahong untuk kulit? Check this out!

1. Membantu menyembuhkan luka

5 Manfaat Daun Binahong untuk Kulit, dari Jerawat hingga Mencerahkanfreepik.com

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun binahong mampu membantu menyembuhkan luka karena mengandung anti-oksidan yang berfungsi untuk menutup luka dan anti-septik agar mencegah kulit infeksi. Cara menggunakannya juga mudah sekali, siapkan daun binahong mentah, lalu haluskan dan aplikasikan pada kulit yang luka selama 15 menit. Untuk hasil maksimal, gunakan sesering mungkin sampai luka kembali pulih. 

2. Mencerahkan kulit

5 Manfaat Daun Binahong untuk Kulit, dari Jerawat hingga Mencerahkanfreepik.com

Kulit cerah dan bebas dari noda hitam memang menjadi dambaan semua orang. Tak hanya mengaplikasikan skincare yang tepat, kamu juga bisa mencoba menggunakan daun binahong yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan anti-oksidan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Cara membuat masker daun binahong juga tak sulit. Siapkan daun binahong yang telah halus lalu campurkan dengan madu, aduk rata dan aplikasikan pada kulit. Biarkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air hangat. Gunakan seminggu tiga kali untuk hasil optimal.

3. Menjadi obat jerawat

5 Manfaat Daun Binahong untuk Kulit, dari Jerawat hingga Mencerahkanfreepik.com

Siapa yang masih berjuang untuk melawan jerawat? Nah, daun binahong juga berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat karena mengadung anti-bakteri. Cara menggunakannya, kamu bisa aplikasikan masker daun binahong pada jerawat yang sedang meradang seminggu tiga kali. 

4. Mengencangkan kulit

5 Manfaat Daun Binahong untuk Kulit, dari Jerawat hingga Mencerahkanfreepik.com

Selanjutnya, daun binahong juga dapat mengencangkan kulit yang kendur dan mempertahankan elatistitas. Cara mengolahnya kamu bisa menggunakan daun binahong sebagai masker atau siapkan sepuluh daun binahong lalu rebus menggunakan air mendidih. Lalu air rebusan tersebut bisa di minum satu kali dalam sehari, maka kulit terasa lebih sehat dan kencang. 

5. Mencegah terjadinya penuaan dini

5 Manfaat Daun Binahong untuk Kulit, dari Jerawat hingga Mencerahkanemeablog.organogold.com

Tinggi akan anti-oksidan seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan zeaxanthin, daun binahong mampu mencegah kulit mengalami penuaan dini dan menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C dan vitamin A akan membantu kulit menjadi lebih halus, terbebas dari noda hitam, dan meremajakan kulit secara alami.

Nah, itu dia lima manfaat daun binahong untuk kulit. Perlu kamu ingat, karena daun binahong merupakan bahan alami, maka membutuhkan kesabaran untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba, Bela! 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Atasi Jerawat Batu

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Memanjangkan Bulu Mata Kamu

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Memudarkan Bekas Jerawat yang Ampuh