Jika kamu baru memulai menggunakan skincare untuk kulit wajah, ada baiknya kamu harus mengetahui bahan aktif apa yang terkandung di dalam skincare tersebut. Tidak jarang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mencampurkan beberapa skincare dan digunakan secara bersamaan. 

Tetapi yang harus kamu ketahui, beberapa bahan aktif jika dicampurkan secara bersamaan justru akan membuat kulit kamu menjadi lebih mudah iritasi. Wah, kamu harus lebih berhati-hati nih, Bela! Lalu, apa saja sih bahan aktif tersebut? Yuk, silahkan disimak ya!

1. Retinol dan AHA/BHA

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaantheskincareedit.com

Baik retinol, AHA, dan BHA merupakan tiga bahan aktif yang jika kamu gunakan secara bersamaan akan membuat kulit wajah kamu menjadi over-exfoliated atau terjadi pengelupasan kulit secara berlebihan. Retinol, AHA, dan BHA merupakan zat yang cukup keras dan dipercaya akan memperbaiki kulit berjerawat, noda hitam, hingga penuaan dini. Untuk mensiasatinya, kamu bisa secara bergantian ketika menggunakan tiga bahan aktif tersebut.

2. Vitamin B3 dan AHA

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanmangobeautytips.com

Untuk kamu yang asing mendengar vitamin B3, mungkin akan lebih familiar dengan bahan aktif niacinamide. Bahan aktif ini dipercaya akan membantu memperbaiki kulit kamu bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Niacinamide ini akan lebih efektif jika digunakan pada pH kulit yang netral. Sehingga, jika bahan ini dicampur menjadi satu atau dipakai bersamaan akan menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Vitamin B3 dan Vitamin C

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanprojectvanity.com

Kedua bahan ini akan berfungsi untuk merawat kulit yang luka dan noda hitam. Tetapi jika digunakan secara bersamaan, vitamin B3 akan merusakan fungsi vitamin C. Sehingga akan menyebabkan kulit cenderung lebih mudah kemerahan dan dapat memicu breakout.

4. Vitamin C dan AHA

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanpinterest.com

Alpha Hydroxy Acids adalah chemicals exfoliator yang akan melunturkan sel kulit mati pada wajah kamu. AHA akan mengubah pH pada vitamin C, sehingga fungsi antioksidan pada vitamin C tidak bekerja secara optimal. Sayang, kan, jika kamu sudah membeli mahal, tetapi tidak bekerja secara efektif. So, hindari mencampur dua bahan aktif ini ya!

5. Retinol dan Salicyclic Acid

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanalittlebitetc.com

Retinol merupakan turunan vitamin A yang berfungsi untuk mengurangi sel kulit mati dan dapat meningkatkan produksi kolagen. Salicyclic Acid memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit dan dapat mengurangi peradangan jerawat. Jika kedua bahan aktif ini kamu gunakan secara bersamaan, kulit akan lebih rentan irirasi dan lebih sensitif.

6. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanstylist.co.uk

Kedua bahan aktif ini akan cocok kamu gunakan jika kamu memiliki kulit yang cenderung lebih mudah berjerawat. Tetapi, kekurangannya adalah akan membuat kulit kamu menjadi lebih kering. Jika kedua bahan aktif ini dicampurkan, kulit kamu akan semakin kering dan dehidrasi. Kulit kering dan dehidrasi akan membuat kulit kamu lebih rentan muncul jerawat.

7. Benzoyl Peroxide dan BHA

Hati-hati! Jangan Menggunakan Kandungan Skincare Ini Secara Bersamaanblushingnoir.com

BHA atau singkatan dari Beta Hydroxy Acids akan bekerja sebagai eksfoliator untuk kulit kamu. Sedangkan Benzoyl Peroxide juga merupakan bahan aktif. Sehingga, jika kamu mencampurkan kedua bahan ini, kulit akan lebih rentan iritasi.

Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin Berminyak