Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia menerapkan social distancing. Dan para karyawan dianjurkan untuk tetap bekerja di rumah. Beberapa dari kalian, pasti menyadari bahwa jerawat justru lebih sering timbul ketika hanya berada di rumah. Jika kamu merasakannya hal yang sama, mungkin tujuh kebiasaan ini yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Apa saja? Keep scrolling, Bela! 

1. Pola tidur menjadi tidak teratur

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!self.com

Melakukan pekerjaan di rumah, berpotensi menganggu pola tidur kamu. Yang pada umumnya kamu beristirahat selama delapan jam, mungkin saat ini bisa kurang ataupun lebih. Ada baiknya, selama social distancing kamu tetap menjalankan pola tidur yang teratur. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik.

2. Tidak memerhatikan apa yang dikonsumsi

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!medicalnewstoday.com

Terus berdiam diri di rumah, membuat kamu lebih "lapar mata" dan mengonsumsi beragam makanan yang tidak sehat. Hal ini dapat berpotensi munculnya jerawat di wajah kamu. Untuk mencegahnya, jangan lupa penuhi nutrisi baik untuk tubuh kamu dengan mengonsumsi aneka sayur dan buah-buahan. Jangan lupa, kurangi konsumsi makanan tinggi lemak, berminyak dan kaya akan gula ya. 

3. Kurang minum air mineral

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!Popbela.com/Shavira Annisa

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Selain itu, bekerja di rumah membuat kamu merasa tidak harus minum air mineral yang cukup. Padahal, tubuh kita tetap memerlukan cairan. Ketika tidak tercukupi, tubuh akan menimbulkan reaksi, salah satunya adalah timbul jerawat.

4. Perasaan tertekan

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!thenewdaily.com.au

Bekerja di rumah, membatasi bertemu dengan orang terkasih dan tidak bisa hang out dengan sahabat akan membuat kamu menjadi lebih mudah stres dan merasa tertekan. Perasaan ini dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. 

Ketika social distancing, kamu tetap bisa melakukan obrolan dengan teman atau saudara kamu melalui video call. Dengan begitu, kalian tetap terhubung dan terhindar dari perasaan stres. Yuk, tetap happy dan berpikir positif selama bekerja di rumah! 

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Mental selama Social Distancing 

5. Tubuh kurang bergerak

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!popsugar.com

Salah satu yang dapat mengurangi munculnya jerawat adalah hidup yang sehat dan rutin berolahraga. Ketika berada di rumah, tentu saja badan jadi jarang bergerak. Padahal dengan menggerakan tubuh mampu menjaga homeostasis atau konsentrasi zat dalam tubuh agar tetap konstan dan dapat terhindar dari jerawat. So, ini saatnya kamu menyelipkan olahraga ringan di tengah pekerjaan kamu.

6. Tidak menggunakan skincare dengan tepat

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!cosmopolitan.com

Penggunaan skincare yang tepat dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Mungkin, selama social distancing, kamu tidak menggunakan skincare dengan rutin. Sehingga, jerawat dapat dengan mudah timbul di wajah kamu. Mulai saat ini, kembali rawat wajah kamu agar tetap glowing walau di rumah.

7. Jarang mencuci wajah dengan baik dan benar

Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!verywellhealth.com

Walau berada di ruangan yang tertutup, bukan berarti kamu tidak perlu mencuci muka. Nyatanya, bakteri dan kotoran terdapat di mana saja, bahkan di handphone, remote tv, atau di kursi rumah. Oleh sebab itu, di akhir hari kamu harus tetap mencuci muka agar selalu terhindar dari bakteri penyebab jerawat. 

Itu dia tujuh kebiasaan yang dapat memicu timbulnya jerawat selama kamu social distancing. Mulai saat ini, terus jaga kebersihan dan kesehatan kamu. Semoga artikel ini membantu ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Tetap Glowing Selama Social Distancing