Jerawat tak kunjung reda meskipun sudah menggunakan berbagai macam rangkaian skincare? Mungkin kesalahan bukan ada di produk yang kamu gunakan, tetapi kulit tidak dibersihkan secara maksimal. Ketika beraktivitas, kulit terpapar debu, kotoran, ataupun makeup. Jika masih meninggalkan residu, maka akan terjadi penyumbatan pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. 

Untuk itu, penting banget memastikan kondisi wajah sudah bersih sebelum beristirahat. Tak cukup hanya menggunakan facial wash aja, kamu harus membersihkan wajah dengan metode yang tepat seperti double cleansing ataupun triple cleansing. Meski serupa, ternyata dua metode ini berbeda, lho. So, apa Itu double cleansing dan triple cleansing? Simak baik-baik ya, Bela! 

Double Cleansing

Apa Bedanya Double dan Triple Cleansing? Yuk, Cari Tahu di Sini!thevoiceofwoman.com

Sepertinya metode ini sudah tak asing lagi di telinga kalian. Double cleansing merupakan proses membersihkan wajah yang dilakukan dalam dua tahap. Untuk step pertama kamu bisa menggunakan micellar water. Tahap ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu atau residu skincare yang tersisa. Gunakan micellar water yang aman dan sesuai jenis kulit agar tidak terjadi iritasi.  

Jika kotoran dan debu sudah terangkat, maka bisa dilanjutkan dengan facial wash atau facial foam sebagai step kedua. Pastikan memilih cleanser yang gentle dan sesuai dengan kondisi kulit. Jangan lupa, cleanser yang digunakan sebaiknya tidak membuat kulit terasa kering atau ketarik. Kalau dua tahap membersihkan wajah ini sudah selesai, kamu bisa melanjutkan rangkaian skincare selanjutnya. 

Triple Cleansing

Apa Bedanya Double dan Triple Cleansing? Yuk, Cari Tahu di Sini!lorealparisusa.com

Pasti beberapa dari kalian masih bertanya-tanya, apa perbedaan double cleansing dan triple cleansing? Nah, sesuai dengan namanya, triple cleansing merupakan metode membersihkan wajah dengan tiga tahapan. Umumnya metode ini harus dilakukan ketika kamu menggunakan makeup yang tebal atau waterproof. 

Jika double cleansing hanya menggunakan micellar water dan facial foam, kalau triple cleansing kamu menambahkan cleansing balm/oil. Cleanser berbahan dasar oil atau balm mampu mengangkat makeup waterproof secara sempurna, sehingga kulit menjadi lebih mudah di bersihkan. 

Untuk triple cleansing, pertama-tama gunakan micellar water dan aplikasikan ke seluruh wajah. Lalu, dilanjutkan dengan cleansing oil/balm dan pijat kulit secara perlahan untuk melelehkan makeup. Setelah debu, kotoran, dan makeup sudah terangkat, sempurnakan proses pembersihan wajah menggunakan facial foam atau facial wash favorit kamu. 

Jadi, itu dia penjelasan double cleansing dan triple cleansing yang wajib kamu ketahui. Tentu saja, dua metode pembersihan wajah ini bisa disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing, ya! 

Baca Juga: Ini Manfaat yang akan Kamu Dapat dari Rutin Melakukan Double Cleansing

Baca Juga: Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu 

Baca Juga: Yuk, Ketahui Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit!