Clogged pores atau pori-pori tersumbat merupakan salah satu permasalahan kulit yang kerap terjadi. Umumnya, clogged pores akan membentuk benjolan-benjolan kecil dan membuat tampilan pori menjadi tampak membesar. Meski tak mengganggu seperti jerawat, tetapi clogged pores juga membuat kulit lebih bertekstur dan tentu saja dapat memengaruhi penampilan.

Nah, jika kamu sedang berjuang untuk mengatasi pori-pori tersumbat, nggak perlu khawatir  karena Popbela punya lima cara mengatasai clogged pores pada wajah yang ampuh dan sukses bikin kulit jadi mulus. Kira-kira apa saja dan bagaimana caranya? Simak baik-baik, ya!

1. Membersihkan wajah dengan teknik double cleansing

5 Cara Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Bikin Kulit Mulus! newshub.co.nz

Salah satu penyebab clogged pores adalah tidak membersihkan wajah dengan baik dan benar. Sehingga membuat sel kulit mati, kotoran, dan sebum tertumpuk sehingga pori-pori jadi lebih mudah tersumbat. Untuk itu, membersihkan wajah dengan facial wash saja tak cukup, kamu harus melakukan double cleansing.

Double cleansing merupakan langkah pembersihkan wajah yang diawali dengan cleansing oil/balm yang dilanjutkan dengan facial wash. Dua langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa sisa makeup, kotoran, dan sebum sudah terangkat sempurna, sehingga tidak menyumbat pori-pori. Untuk itu, pastikan melakukan double cleansing setiap hari, ya.  

2. Menggunakan cleansing device

5 Cara Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Bikin Kulit Mulus! forbes.com

Nggak hanya sekedar gimmick, menggunakan cleansing device juga menjadi salah satu cara mengatasi clogged pores pada wajah. Cleansing device bekerja membersihkan pori-pori secara mendalam, sehingga tak ada lagi residu yang tertinggal. Saat ini, sudah banyak cleansing device yang dijual dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus. Cara ini wajib kamu coba, Bela!

3. Menyelipkan exfoliating toner pada skincare routine

5 Cara Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Bikin Kulit Mulus! skincare.com

Exfoliating toner menjadi salah satu produk yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi clogged pores, karena mampu mengangat sel kulit mati dan kotoran dengan cara lembut. Pada umumnya, ada dua kandungan yang bisa kamu temukan di exfoliating toner yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang ideal untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, serta mencegah sel kulit mati menumpuk.

Sedangkan, Beta Hydroxy Acids (BHA) merupakan kandungan acid yang mampu larut dalam sebum, sehingga dapat menyerap masuk ke dalam kulit dan pori-pori dan membersihkan secara sempurna. AHA aman digunakan kulit yang sensitif dan kering, sedangkan BHA cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Jadi, pilih exfoliating toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar clogged pores bisa teratasi.

4. Perawatan mingguan menggunakan clay mask

5 Cara Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Bikin Kulit Mulus! theeverygirl.com

Cara mengatasi clogged pores pada wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan clay mask 2-3x dalam seminggu. Clay mask dipercaya dapat membersihkan pori-pori tersebut karena clay memiliki sifat mengangkat kotoran dan kulit mati yang menumpuk. Selain itu, clay mask juga dapat mengontrol produksi sebum berlebih. Sehingga, pori-pori menjadi lebih bersih dan bebas dari penyumbatan.

5. Memilih skincare yang non-comedogenic

5 Cara Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Bikin Kulit Mulus! blog.curology.com

Jika kulit sudah tereksfoliasi dengan benar dan bebas dari kotoran, maka saatnya kamu menggunakan skincare yang tidak menyebabkan clogged pores atau non-comedogenic. Produk yang sudah diberi label non-comedogenic sudah teruji bahwa seluruh kandungannya terbukti tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Meski tak menjamin 100%, tapi langkah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi clogged pores pada wajah.

So, itu dia lima cara untuk mengatasi clogged pores pada wajah yang ampuh dan bikin kulitmu terasa lebih mulus. Tentu saja, untuk hasil maksimal lakukan semua cara di atas dengan teratur, ya!

Baca Juga: Intip Yuk 7 Rekomendasi Masker untuk Mengecilkan Pori-pori! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Ampuh Angkat Sel Kulit Mati

Baca Juga: Review: Foreo Luna Go for Combination Skin, Si Kecil Cabe Rawit!