Mencuci wajah menggunakan pembersih wajah tidak cukup untuk membersihkan kotoran menempel, lho. Kamu perlu toner untuk memaksimalkan pembersihannya. Dalam dunia perawatan wajah, penggunaan toner sangat tidak boleh dilewatkan, tahap ini merupakan awal sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya.

Fungsi toner berperan dalam melembapkan kulit, agar tetap terhidrasi dan membersihkan sel-sel kulit mati. Memilih jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu dapat memaksimalkan penggunaan skincare selanjutnya.

Memilih toner wajah tidak boleh sembarangan, agar terhindar dari permasalahan kulit lainnya. Apa saja jenis jenis toner ? Simak Yuk!

1. Hydrating Toner

5 Jenis Toner Beserta Fungsinya, Jangan Salah Pilih Ya!vogue.com

Jenis toner ini sangat cocok untuk segala jenis kulit, mulai dari normal, kombinasi, kulit berminyak, kulit kering. Toner ini memiliki fungsi melembutkan dan melembapkan kulit tanpa terasa kaku. Hydrating toner terasa ringan dan sejuk, sehingga bikin kulitmu nyaman. Kandungan yang sering ditemukan adalah lidah buaya, vitamin E, bahkan ada kandungan ekstrak bunga.

2. Exfoliating Toner

5 Jenis Toner Beserta Fungsinya, Jangan Salah Pilih Ya!dok. internet

Exfoliating toner ini memiliki fungsi utama mengangkat sel kulit mati yang bikin wajah kusam. Toner yang mengandung AHA BHA dikenal bisa menghilangkan bekas jerawat, memperbaiki tekstur kulit, mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan membuat warna kulit merata. Tapi inget ya Bela, jangan terlalu sering digunakan cukup 2 kali seminggu agar kulit tidak iritasi dan menimbulkan masalah baru. Jika kulit terasa panas, iritasi, gatal, kamu bisa menghentikan sementara pemakaian.

3. Brightening Toner

5 Jenis Toner Beserta Fungsinya, Jangan Salah Pilih Ya!

Wajah kusam juga salah satu permasalahan kulit wajah, pastinya wajah cerah, sehat, dan segar, merupakan dambaan semua orang. Sesuai namanya, Brightening toner ini mampu menjadikan wajah tampak merona dan bersinar. Biasanya memiliki kandungan Niacinamide, vitamin c, vitamin E, kolagen yang menjaga kulit tetap glowing, mencegah hiperpigmentasi, membuat kulit wajah lebih kenyal.

4. Balancing Toner

5 Jenis Toner Beserta Fungsinya, Jangan Salah Pilih Ya!mindbodygreen.com

Formula pH balance pada toner ini mampu meringkas pori-pori besar dan memberikan perlindungan untuk kulit yang sehat. Balancing toner bekerja untuk mengoptimalkan nutrisi kulit. Minyak alami wajah tidak akan hilang ketika pakai toner ini, sehingga dapat menjaga kelembapannya. Cocok digunakan untuk segala jenis kulit karena memiliki formula yang ringan, jadi nggak perlu khawatir.

5. Acid Free Toner

5 Jenis Toner Beserta Fungsinya, Jangan Salah Pilih Ya!beautytap

Toner untuk kulit sensitif memiliki kandungan khusus, dan butuh kesabaran untuk mencari produk tersebut. Toner yang memiliki kandungan acid, alkohol, pewangi, karena dapat memperparah kondisi wajahmu. Sebelum memilih ke satu produk, ada baiknya kamu pahami dahulu kategori mana kulit sensitif kamu, jika kulitmu cenderung sensitif kering gunakan toner yang punya kandungan ceramide untuk melembapkan kulit. Apabila sensitif berminyak, gunakan produk yang memiliki tanda non comedogenic.