Untuk menjaga kesehatan kulit dari berbagai masalah, pastinya kamu butuh berbagai macam skincare yang memiliki kandungan yang baik dan cocok untuk kulit. Salah satunya adalah Retinol. Retinol dikenal berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan terhindar dari tanda penuaan. Hal inilah yang membuat para perempuan tertarik untuk memakai kandungan bahan aktif tersebut. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli ada baiknya ketahui perbedaan jenisnya berikut ini. Simak yah!

Segala Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Retinol, Retinoid, dan Retin-A

Faktanya, retinol terbuat dari bahan-bahan yang mengandung vitamin A. Dalam dunia skincare, retinol memiliki fungsi sebagai anti aging karena kandungannya yang mampu menstimulasi produksi kolagen sehingga sangat bagus untuk melawan jerawat, membuat kulit semakin bersih, halus, cerah dan memudarnya garis-garis halus serta kerutan wajah. Retinol adalah bentuk vitamin A yang dapat terserap cepat di kulit.

Segala Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Retinol, Retinoid, dan Retin-A

Retinol dan retinoid memang pada dasarnya sama. Ketika diaplikasikan pada kulit keduanya akan bereaksi sebagai enzim untuk menghasilkan asam retinoate. Fungsi asam retinoat ini adalah untuk memperbaiki perubahan warna kulit, menghilangkan garis kerutan, memproduksi kolagen, dan mencegah tanda-tanda penuaan. Berbeda dengan retinol, retinoid lebih kuat dan butuh “pengenalan” bertahap jika dipakai untuk kulit dan berpotensi menimbulkan iritasi. Beberapa produk yang mengandung retinoid hanya dapat dibeli jika diresepkan oleh dokter.

Segala Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Retinol, Retinoid, dan Retin-A

Retin-A merupakan produk retinoid pertama yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Faktanya, kulit hanya dapat menerima retinoid dalam bentuk Retin-A atau yang disebut dengan retinoic acid. Karena itu semua jenis retinoid harus dikonversi dahulu ke dalam bentuk retinoic acid baru dapat digunakan langsung oleh kulit dan bisa langsung terasa hasilnya.

Jadi, untuk kamu yang tertarik menggunakan produk yang mengandung vitamin A ini, para dermatologist menyarankan memakai retinol untuk melawan jerawat pada remaja dan orang dewasa karena mampu mempercepat pergantian sel kulit. Namun, kamu cukup memakainya pada malam hari saja secara rutin.

BACA JUGA : 5 Manfaat yang akan Kamu Dapat dari Rutin Menggunakan Krim Retinol