Keriput bisa disebabkan karena kulit kekurangan kolagen dan elastisitasnya. Selain karena pengaruh usia, keriput juga bisa disebabkan karena kebiasaan tidur menyamping atau gerakan otot seperti tersenyum dan cemberut bisa menyebabkan kulit menjadi mudah keriput. Tapi sekarang kamu nggak perlu khawatir, keriput nggak selamanya cepat datang jika kamu tahu cara mencegahnya. Popbela sudah merangkum tips ampuh untuk mencegah kulit keriput berikut ini. Coba yuk!

1. Tidur telentang

Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!drweil.com

Tidur tengkurap atau menyamping bisa menyebabkan tekanan pada wajah sehingga keriput bisa datang lebih cepat. Maka dari itu para dokter menyarankan untuk tidur terlentang, karena hal ini tidak akan memberikan tekanan yang berat pada wajah. Hal ini juga mencegah tubuh untuk tidur menyamping maupun tengkurap. Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba mungkin terasa sulit, tapi jika sudah terbiasa maka kamu akan bisa merasakan manfaatnya.

2. Ganti dengan bantal yang berkualitas

Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!myweekly.co.uk

Bantal yang berkualitas tentunya bisa banyak memberikan manfaat seperti mengurangi kerutan, kulit bersih, dan membantu sel-sel kulit untuk berhidrasi sehingga kulit bisa menghindari yang namanya garis-garis halus pada wajah. Perlu diingat kalau bantal tidak harus baru melainkan bantal harus sering dijaga kebersihannya serta kelembapannya.

3. Pakai sprei bantal yang berbahan lembut

Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!pinterest.com/ alishaburstow

Selain mengganti bantal, ternyata sangat disarankan juga untuk mengganti sprei bantal yang kamu miliki dengan bahan satin atau sutra. Dengan bahannya yang licin dan halus, pastinya wajah nggak akan cepat keriput karena kulit bergesekan dengan sprei yang berbahan halus dan tidur pun bisa lebih nyenyak.

4. Oleskan retinol pada wajah sebelum tidur

Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!enviebd.com

Retinol dikenal sebagai zat yang paling banyak ditemukan dalam produk anti-aging. Vitamin A yang terkandung mampu memproduksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan tampak lebih muda. Kamu bisa memakai krim malam yang mengandung retinol untuk melembapkan dan menghindarkan kulit dari iritasi.

5. Manfaatkan minyak kelapa

Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!keralaspicesonline.com

Selain membeli skincare, kamu juga bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah seperti minyak kelapa. Para dermatologist menyarankan memakai minyak kelapa karena zatnya yang bagus sebagai pengganti pelembap. Pastinya wajah akan makin halus setelah kamu selesai membilasnya.

Baca Juga: Stop Percaya! 7 Hal Mengenai Keriput Ini Hanyalah Sebuah Mitos