Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Purging dan Breakout

Sudah tahu bedanya?

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Purging dan Breakout

Bukan hanya dalam dunia fashion, dunia kecantikan pun memiliki banyak istilah, baik itu istilah dalam hal makeup maupun istilah skincare. Buat kamu yang sering menonton video di Youtube atau membaca artikel-artikel mengenai kulit wajah mungkin sudah sering mendengar kata purging atau breakout. Purging dan breakout adalah keadaan dimana wajah menjadi berjerawat. Kedua masalah wajah ini pun biasanya disebabkan oleh pemakaian skincare baru seperti sabun, pelembap, atau serum.

31-1e8f2e279feddda65ef01575758978e8.jpghercampus.com

Lalu, apa yang membedakannya? Sebagai informasi, purging adalah proses pembersihan kulit dan menjadi tanda regenerasi kulit yang sedang terjadi. Proses pembersihan inilah yang menyebabkan jerawat terjadi. Biasanya, jerawat timbul di bagian kulit wajah kamu yang sering bermasalah. Misalnya kamu kerap mendapatkan jerawat di dahi, maka saat purging pun jerawat akan muncul di dahi juga.

12-f117404f79ebd74df0ad3217ff719bd7.jpgremediesforme.com

Purging pun kerap terjadi karena adanya bahan aktif dalam suatu produk skincare seperti AHA (glycolic acid, lactic acid), BHA (salicylic acid), tretinoin, dan retinoid acid. Bahan-bahan ini dapat mempercepat regenerasi kulit, sehingga sel kulit mati terkelupas dan sebelum berganti dengan baru racun-racun yang ada dalam kulit seperti minyak dan kotoran akan dikeluarkan terlebih dahulu. Biasanya keadaan ini terjadi sekitar 6-8 minggu. Setelahnya, keadaan kulit akan membaik.

Nah, berbeda dengan breakout. Breakout adalah pertanda bahwa produk skincare baru yang kamu pakai tidak cocok untuk kulitmu. Jerawat timbul bukan karena adanya bahan aktif dalam produk skincare, tapi karena komposisi yang sifatnya comedogenic seperti misalnya pewangi atau SLS (zat yang menyebabkan sabun jadi berbusa).

21-d42dc4a4f3f2fdd9a4127111bcca23c4.jpgrefinery29.com

Saat breakout, jerawat pun bisa timbul dimana saja, bahkan di bagian yang paling jarang bermasalah sekalipun. Hal ini pun bisa berlangsung lama, selagi kamu masih terus menggunakan produk yang tidak cocok tersebut.

Kesimpulannya, jika kamu mengalami purging sesuai dengan tanda yang dijelaskan di atas, teruskan pemakaian skincare-mu. Ini pertanda kulit wajahmu sedang melakukan detoksifikasi dan kulit wajah yang sehat dan mulus akan segera menjadi milikmu. Tapi, jika kamu mengalami breakout, hentikan pemakaiannya agar wajahmmu tidak semakin parah yah. Semoga artikelnya bermanfaat yah!

BACA JUGA: Teman Punya Masalah Jerawat? Jangan Mengatakan 9 Hal Ini​

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here