Jerawat nampaknya selalu menjadi hal menarik untuk di bahas. Yang bikin kesal adalah jerawat tidak hanya muncul di pipi, dahi, atau hidung, tapi nggak jarang masalah kulit yang satu ini juga ikut timbul di bagian tubuh yang lain seperti punggung, leher, dan nggak ketinggalan di bibir. Pernah mengalaminya? Yes, Popbela tahu rasanya memang nggak enak banget dan menyakitkan. Lalu, apa yang menyebabkan jerawat timbul di bibir? Baca terus yuk!

Ini Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengatasinya!racked.com

Banyak hal yang membuat jerawat muncul di bibir dan sekitarnya. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah bakteri yang menempel di wajah yang bisa kamu dapatkan dari handphone, helm, debu atau polusi udara, serta sentuhan tangan yang kotor.

Selain itu, faktor genetik, kadar hormon yang kurang seimbang, produk skincare yang kurang cocok, hingga pola hidup yang kurang sehat seperti jarang mengonsumsi sayur dan buah, stres, dan kurang tidur juga bisa memicu jerawat. Sering mengonsumsi susu, coklat, dan karbohdirat? Jangan heran jika jerawatmu masih terus bermunculan.

Ini Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengatasinya!independent.co.uk

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, banyak cara yang bisa kamu lakukan kok. Pertama, selalu cuci mulut setelah makan. Mulut yang kotor bisa menimbulkan jerawat dan bau tak sedap lho. Pastikan juga kamu rutin mengomsumsi sayur dan buah. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci wajah setelah bangun dan sebelum tidur untuk membersihkan debu, kotoran, dan sisa makeup yang menempel. Jika jerawatmu cukup besar dan menyakitkan, kamu bisa mengoleskan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, belerang (sulfur), atau asam salisilat (salicylic acid).

Ini Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengatasinya!thegirlsstuff.com

Namun, jika masalah ini terus berlanjut, nggak ada salahnya kamu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: 7 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat​