Komedo termasuk salah satu permasalahan kulit yang rumit. Ia bisa muncul kapan pun dan membuat kulit wajah terlihat kusam. Jika kamu ingin menumpas komedo yang membandel, ada beberapa bahan-bahan alami di rumah yang bisa digunakan. Berikut di antaranya.

1. Baking soda dan air

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan KomedoGrist.org

Baking soda merupakan salah satu bahan yang mungkin tidak kamu sadari dapat menghilangkan komedo. Dr. Alexander Dane, ahli bedah kulit di New Jersey, mengungkapkan bahwa baking soda dapat membantu menetralkan ketidakseimbangan kulit. Bahan rumahan ini juga dapat bekerja sebagai exfoliant yang mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air. Aduk hingga mengental. Kemudian, oleskan hasil campuran bahan tersebut ke wajah kamu. Setelah beberapa waktu, bilas dengan air hangat.

Di sisi lain, kombinasi antara baking soda dan air ini dapat membuat kulit kamu kering. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya menggunakannya dua kali saja dalam seminggu.

2. Gula, madu, dan lemon

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Komedoedisoninst.com

Campuran gula, madu, dan jus lemon, cocok untuk digunakan sebagai exfoliant yang menghilangkan komedo di hidung dan dagu kamu. Campur satu sendok gula, dua sendok makan jus lemon, dan satu sendok makan madu. Setelah diaduk rata, aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar. Pijat selama lima menit sebelum membilasnya.

3. Minyak tea tree

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan KomedoAsaorganics.com.ng

Menurut para ahli, kamu bisa langsung mengoleskan minyak tea tree ke area wajah yang memiliki banyak komedo. Minyak tea tree diketahui ampuh dalam membunuh bakteri. Karena khasiat ini lah, tea tree kerap digunakan pada beberapa produk kecantikan dan kesehatan, seperti sabun, krim kulit, serta minyak esensial.

4. Kunyit

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan KomedoPixabay.com

Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi yang dimilikinya. Ambil satu sendok makan kunyit yang sudah ditumbuk dan campur dengan satu sendok air. Oleskan ke wajah dan diamkan selama sepuluh menit sebelum membilasnya.

5. Minyak kelapa dan gula

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Komedomedicalnewstoday.com

Komedo biasanya sering muncul di dagu, hidung, dan sekitar mulut. Namun, komedo juga dapat ditemukan di tubuh kamu. Melakukan eksfoliasi dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Campur minyak kelapa dan gula untuk membuat lulur sendiri.

6. Teh hijau

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Komedofreepik.com/ededchechine

Untuk menghilangkan komedo, kamu juga bisa mengplikasikan teh hijau pada bagian yang bermasalah. Menurut Dr. Dane, teh hijau dapat membantu menurunkan produksi minyak kulit dan bertindak sebagai antioksidan yang baik.

Campur satu sendok teh dauh teh hijau kering dengan satu sendok the air. Oleskan ke area yang banyak komedo selama tiga menit. Setelahnya, bilas campuran tersebut dan dilanjutkan dengan menggunakan pelembap. Perawatan ini dapat kamu lakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

7. Putih telur

7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan KomedoSavynaturalista.com

Salah stau metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo adalah dengan putih telur. Pertama-tama, kocok satu putih telur, kemudian oleskan ke wajah. Selanjutnya, lapisi ‘masker’ putih telur dengan tisu (jangan tutupi area mata dan mulut). Langkah terakhir, oleskan kembali putih telur di atas tisu kamu. Diamkan masker selama 20 menit hingga mengering. Jika sudah, lepas masker dan bilas wajah kamu.

Jika kamu kesulitan mengatasi komedo, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami ini, Bela. Semoga berhasil!

Baca Juga: Mulai dari Masker hingga Serum, 9 Produk Ini Bikin Komedo Kabur

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami, Mudah Banget! 

Baca Juga: Nggak Sulit, Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat dan Alami