Sebagian perempuan pasti pernah melakukan perawatan kulit wajah agar tetap sehat dan bersih seperti perawatan menggunakan produk skincare ataupun facial. Facial memang penting untuk membersihkan noda atau kotoran setelah kamu melakukan aktivitas seharian. 

Facial suatu kegiatan yang biasa dilakukan di salon untuk mempercantik kulit wajah. Tapi kamu tahu nggak sih kalau misalkan sehabis facial, kamu sering memegang wajah padahal hal tersebut akan membuat kulit kamu iritasi dan memungkinkan untuk menimbulkan masalah, maka dari itu kamu wajib ketahui nih, beberapa hal yang jangan kamu lakukan setelah facial. Apa saja ya? Simak yuk di bawah ini!

1. Menyentuh wajah dengan tangan

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialVerifymagazine.com

Kebiasaan seseorang paling senang adalah menyentuh wajah, padahal saat tangan kotor penuh debu dan kotoran udara bisa menyebabkan wajah kamu menimbulkan masalah kulit baru, ditambah kalau kamu sudah selesai facial pasti rasanya ingin memegang wajah halus kamu kan? 

Hal ini, perlu kamu hindari nih, Bela sebab kulit jadi lebih sensitif sehingga kalau kamu pegang-pegang kemungkinan akan memunculkan jerawat atau pun komedo dengan cepat. 

2. Jangan menggunakan makeup

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialYouTube.com

Kalau kalian pernah facial, pasti pori-pori akan terlihat lebih terbuka dan berisiko kotoran atau bakteri akan masuk lebih mudah dan cepat pada wajah. 

Maka dari itu, solusinya adalah kamu jangan menggunakan riasan wajah misalnya foundation, bb cream, atau sejenisnya sebab makeup akan lebih gampang membuat pori-pori tersumbat dan memperparah komedo. 

Usahakan untuk tampil tanpa makeup ya, Bela. Biarkan serum dan cream saat facial meresap pada wajah agar setelah facial, wajah kamu bebas dari bakteri yang membandel. 

3. Jangan melakukan face scrub

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialAll4women.com

Ketika kamu melakukan facial di salon, pasti wajah akan di eksfoliasi menggunakan bahan yang sudah tersedia. Oleh sebab itu, untuk hari selanjutnya kamu tidak perlu melakukan perawatan di rumah lagi ya seperti scrub wajah, sebab kulit kamu akan iritasi yaitu rusak dan tidak sehat. 

4. Hindari sinar matahari

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialStylecaster.com

Kalau hal ini memang sulit untuk dihindari, sebab ketika kamu beraktifitas diluar maka sinar matahari akan terpapar langsung pada wajah. Usahakan setelah kamu facial, lindungi wajah dengan menggunakan topi ataupun pakai masker. 

Alasan kamu tidak boleh terkena matahari karena, kulit wajah setelah facial akan lebih sensitif. Jadi, kamu harus hindari sinar matahari selama satu atau dua hari, untuk dapat hasil optimal kamu bisa pakai sunscreen dengan minimal SPF 30 agar kulit tidak terbakar. 

5. Tidak boleh memegang jerawat

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialProactiv.com

Jika kamu mempunyai jerawat yang lumayan banyak, ketika setelah facial usahakan untuk tidak memegang bahkan memencet jerawat ya, karena keadaan kulit sangat rentan terkena bakteri, jadi kamu perlu sabar jika masih ada jerawat. Lebih baik diamkan sampai benar-benar matang dan hilang dengan sendirinya. Jangan lupa dicatat ya!

6. Tidak boleh melakukan sauna

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialOptiMyzMagazine.com

Perlu kamu ketahui nih, Bela. Setelah melakukan facial, usahakan untuk menjauhi yang namanya sauna. Kenapa? Karena kulit setelah facial akan mengalami steaming  terkena uap panas dan kalau kamu tetap memaksa untuk sauna, kulit akan semakin memprihatinkan bahkan bisa berdampak pembuluh darah pada kulit wajah akan pecah.

7. Usahakan untuk tidak berolahraga

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah FacialBeyondwords.com

Setelah facial, biasanya kulit akan lebih panas dan membuat kamu tidak akan betah sehingga kalau kamu melakukan olahraga yang mengeluarkan keringat terlalu banyak, kulit mudah iritiasi. Jadi, kamu bisa biarkan wajah kulit selama sehari atau dua hari setelah facial. Maka dari itu, sebaiknya kamu lakukan olahraga sebelum perawatan wajah. 

Itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah facial. Semoga artikelnya bermanfaat!