Jika biasanya kita terganggu dengan masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, luka bopeng dan lain sebagainya. Ada masalah lain yang pencegahan dan penanganannya sendiripun sebenarnya jarang diperhatikan, yaitu ketiak hitam. 

Ketiak hitam membuat kita menjadi nggak percaya diri. Nggak terasa sakit namun menganggu. Tahu nggak sih apa penyebab dari ketiak hitam? Berikut Popbela sudah merangkum beberapa penyebab ketiak menghitam yang jarang disadari.

1. Menggaruk dengan kasar

Hati-hati ketika menggaruk ketiak. Kamu boleh menggaruk bagian tubuh lain sesukamu, namun gesekan yang berlebihan pada ketiak akan menyebabkan iritasi karena akan bercampuran langsung dengan keringat. Kemudian hasilnya ketiakmu akan menghitam. Jika ketiak terasa gatal sebaiknya usap dengan lembut secara berulang dibanding harus digaruk.

2. Kebiasaan mencukur

Jangan terlalu sering mencukur bulu ketiak ya, Bela. Apalagi jika mencukurnya asal-asalan. Dilansir dari beberapa sumber, cara mencukur bulu ketiak yang benar adalah cukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan. 

7 Penyebab Ketiak Hitam yang Jarang Diketahuifashionista.com

3. Hindari pakaian ketat

Kulit ketiak bisa dibilang lebih sensitif di banding lapisan kulit lain. Terlalu banyak gerakan tubuh akan membuat kondisi ketiak suka tiba-tiba berubah sesuai kondisi. Hindari pakaian yang ketat atau nggak nyaman. Disarankan pilihlah pakaian yang lebih longgar jika bisa nggak menempel langsung ke ketiak kamu.

4. Penumpukan sel kulit mati

Ketiak yang gelap bisa jadi dari hasil akumulasi sel-sel kulit mati. Nah, untuk mengatasinya, cobalah secara rutin satu minggu sekali kamu melakukan eksfoliasi pada ketiak menggunakan body scrub atau face scrub. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

7 Penyebab Ketiak Hitam yang Jarang Diketahuiambreblends.com

5. Deodoran yang kurang cocok

Setiap orang dewasa pasti membutuhkan deodoran setiap akan keluar rumah beraktivitas demi menjaga tubuh agar nggak mengeluarkan bau yang kurang sedap. Deodoran tersebut mungkin memang membantumu dalam menjaga aroma tubuh, namun salah satu bahannya ada bisa menyebabkan noda pada kulit ketiak.

6. Faktor hormonal

Contohnya adalah obesitas. Berat badan yang berlebihan akan menyebabkan pigmentasi. Daripada cara mencegah agar ketiak nggak hitam, sebaiknya coba gaya hidup sehat agar terbebas dari obesitas. Konsumsi sayur dan buah dan selalu perhatikan porsi makanmu.

7 Penyebab Ketiak Hitam yang Jarang Diketahuimakeuptutorials.com

7. Krim pencukur bulu ketiak

Krim pencukur bulu ketiak ini bertujuan agar saat dan setelah mencukur kulit ketiak akan terasa halus. Namun ingat juga kalau krim tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang kita nggak tahu pasti dampak dari pemakaiannya tersebut. Bahan-bahan kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi dan berujung penggelapan kulit ketiak.

Setelah mengetahui beberapa penyebab ketiak hitam di atas, sebaiknya kita lebih memerhatikan perawatan kulit ketaik ya. Jangan sampai upaya tersebut justru menimbulkan efek lainnya yang kita nggak inginkan.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Cara Mencukur Bulu Ketiak Ini Masih Kamu Percayai?