Kulit sensitif dapat disebabkan banyak hal, mulai dari faktor lingkungan luar, stres, perubahan hormon, hingga kurang tidur. Penyebab-penyebab itu dapat membuat lapisan pelindung kulit melemah sehingga kulit rentan mengalami iritasi terhadap produk yang digunakan. Juga, kondisi ini membuat kulit lebih mudah kehilangan kelembabannya.

Merawat kulit sensitif bisa sangat membingungkan. Sebab ketika berinteraksi dengan kandungan yang terlalu 'keras' atau bersifat menimbulkan berpotensi menimbulkan alergi, kulit akan langsung mengeluarkan reaksi seperti kemerahan atau rasa gatal. Ini membuatmu kesulitan untuk mencoba berbagai produk kecantikan baru yang selalu muncul di setiap  harinya. Jadi, bagaimana caranya merawat kulit sensitif? Melansir dari Huda Beauty, ada beberapa tips yang dapat kamu coba.

1. Tes semua produk baru

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifpinterest.com

Menguji kulit itu penting, namun menjadi sangat penting bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebab, kamu nggak akan pernah tahu reaksi yang akan kulitmu berikan ketika berinteraksi dengan produk yang akan kamu gunakan. Bahkan jika pernah menggunakan bahan aktif tertentu sebelumnya, formula dari produk baru yang akan kamu gunakan boleh jadi berbeda.

Bagian tubuh terbaik untuk menguji produk kecantikan adalah bagian dalam lenganmu. Coba suatu produk selama 3-5 hari untuk melihat reaksi kulitmu. Jika aman untuk kulit, baru kamu dapat membelinya.

2. Pastikan kulit selalu terhidrasi

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifstylecaster.com

Karena mudah kehilangan kelembabannya, pastikan kamu selalu mengisi kembali kelembaban kulit sensitifmu. Mulai dari menggunakan hydrating cream yang kaya ceramides (peptide complex) dan niacinamide. Juga, jangan lupa untuk melembabkan kulit dua kali sehari dan menggunakan hydrating mask sekali setiap minggunya.

3. Pilih produk dengan bahan alami

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifpinterest.com

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu perlu memerhatikan kandungan bahan dalam produk perawatanmu. Pilih produk dengan bahan-bahan yang kaya antioksidan sehingga dapat menghidrasi sekaligus meningkatkan perbaikan kulit.

Pilih kandungan berbahan dasar tanaman yang kaya nutrisi seperti aloe, chamomile, minyak argan, dan sebagainya. Kandungan tersebut membantu menenangkan sekaligus melembabkan kulit.

4. Gunakan tabir surya setiap hari

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitiftodayshow.com

Terlalu sering terkena sinar matahari dapat merusak kulit, terutama pada kulit sensitif! Jadi, jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif atau memiliki bahan-bahan yang aman untuk kulitmu.

5. Hindari menggunakan sabun

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifallure.com

Faktanya, menggunakan sabun dapat mengganggu serta merusak fungsi barrier kulit karena menghilangkan  minyak alami dari kulitmu. Sedangkan minyak alammi atau dikenal dengan istilah lipid ini, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan barrier kulit.

6. Hindari produk dengan kandungan yang 'keras'

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifcompliancesign.com

Usahakan untuk menghindari produk yang dapat membuat kulitmu menjadi mudah iritasi, seperti alkohol, zat pewangi, citrus, glycolic acid atau L-ascorbic Acid. Selain itu, kamu perlu menghindari produk yang memiliki tekstur kasar serta pembersih kuas dengan bahan aktif yang dapat menimbulkan reaksi pada kulit sensitif.

7. Jangan menggunakan produk yang sama pada wajah dan tubuh

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifproductnation.com

Kulit pada wajah dan tubuhmu boleh jadi sensitif. Namun, bukan berarti kamu dapat menggunakan produk yang sama, loh. Disarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan lebih lembut pada wajah. Sebab, kulit wajah cenderung lebih tipis daripada kulit tubuh.

8. Jangan berlebihan dalam merawat kulit

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitiftelenews.com

Karena kondisi kulit yang kering dan sensitif, banyak yang mengira jika dapat menggunakan banyak produk melembabkan agar dapat menjaga kesehatan kulitnya. Padahal, terlalu berlebihan juga dapat memberikan efek samping, Bela. Banyaknya lapisan produk dapat membuat kulit 'kebingungan' sehingga berpotensi menimbulkan iritasi. Jadi, coba kurangi pemakaian produk dan fokuskan pada item yang memang bekerja efektif pada kulit sensitif.

9. Hindari air panas

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifracked.com

Mengekspos kulit pada air panas secara rutin dapat berisikon menghilangkan minyak alami pada kulit, yang berfungsi menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit. Jadi, coba untuk menghindari pemakaian air panas terlalu sering karena ini hanya akan membuat kulitmu semakin kering.

10. Berkonsultasi dengan dokter

Mudah Iritasi, Ini 10 Tips Penting dalam Merawat Kulit Sensitifmedicalnewstoday.com

Jika kondisi kulit sensitif cukup parah, sangat disarankan untuk menemui dermatologist sehingga kamu dapat menemukan solusi terbaik untuk kondisi kulit. Boleh jadi, kamu pun mengalami kondisi kulit yang lebih spesifik seperti rosacea atau eksim.

Mungkin sulit, tapi jangan sampai mengabaikan kondisi kulit sensitifmu, Bela. Rawat dengan mengikuti tips-tips ini. Dengan begitu, kulit sensitif tetap sehat selalu dan terhindar dari reaksi iritasi yang dapat mengganggu penampilan kulitmu.

Baca Juga: Punya Kulit Sensitif? Kamu Harus Peka dengan 5 Hal Ini