Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh yang paling sulit dijangkau, yaitu bagian belakangmu, mulai dari leher belakang sampai bagian punggung atas. Jerawat punggung biasanya disebabkan ketika pori-pori atau folikel rambut tersumbat kulit mati dan minyak, sama halnya yang terjadi pada jerawat di wajah.

Meski begitu, penanganan jerawat punggung berbeda dengan jerawat di wajah, Bela. Kulit pada bagian belakang tubuh memiliki pori-pori yang lebih besar daripada wajah, menandakan besarnya kemungkinan untuk mudah tersumbat. Jadi, kamu memerlukan produk dan perawatan khusus untuk menangani jerawat punggung. Bagaimana caranya? Simak di sini yah!

1. Pilih sabun mandi dengan pH seimbang

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Mengganggutlc.com

Menggunakan sabun mandi yang tepat dapat membantu menghilangkan jerawat punggung yang membandel. Namun, produk pembersih tubuh ini umumnya memiliki kandungan yang lebih 'keras' ketimbang pencuci wajah. Karenanya, pilihlah sabun mandi dengan pH yang seimbang dan memiliki bahan aktif seperti vitamin A untuk mendukung pergantian sel kulit, antioksidan yang menutrisi, dan kandungan bahan alami yang melembapkan.

2. Eksfoliasi tubuh dengan body scrub

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Mengganggulivlavish.com

Body scrub jadi produk yang paling membantu saat kamu mengalami masalah jerawat punggung. Produk ini mendorong pergantian kulit dengan memunculkan kembali dan menyegarkan sel-sel kulit tubuh. Pilih body scrub yang mengandung bahan aman dan lembut untuk kulit, seperti salicylic acid yang dapat membersihkan kotoran dan minyak di kulit. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, penyebab jerawat punggung.

3. Perawatan 'Bacial'

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Mengganggudelicateserenemoments.com

Selain facial, ada juga perawatan bacial, yaitu untuk menangani jerawat di punggung. Nggak hanya mengobati, perawatan ini juga membantumu untuk mengetahui jenis dan kebutuhan kulitmu sehingga kulit tubuhmu akan selalu terbebas dari masalah. Beberapa klinik kecantikan telah memiliki layanan 'bacial', kamu cukup menemukan yang terbaik untukmu.

4. Mandi setelah berolahraga atau berkeringat

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Mengganggufol.mk

Malas mandi setelah beraktivitas seharian? Sebaiknya jangan, Bela. Terutama jika kamu baru saja berolahraga atau berkeringat. Membiarkan keringat dan kotoran duduk di permukaan kulit dapat mendorong munculnya jerawat punggung. Karena itu, segera mandi setelah olahraga!

5. Gunakan produk tea tree oil

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Menggangguup-nature.com

Tea tree oil sudah dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Untuk jerawat punggung? Bisa juga, kok! Melansir dari Healthline, menggunakan produk yang memiliki kandungan tea oil ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat punggung. Ada banyak jenis produknya, mulai dari lotion, pembersih, sampai krim.

6. Rutin keramas

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Mengganggusmooth.com.au

Percaya atau nggak, rambut yang tergerai di bagian belakang tubuh dapat menambah minyak dan kotoran pada punggung, loh! Ini bisa menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, keramas secara rutin dan kucir rambut saat melakukan aktivitas yang penuh keringat. Juga, jangan biarkan sampo atau kondisioner mengalir menuruni punggung. Pasalnya, bahan kandungan dua produk itu dapat memicu tersumbatnya pori-pori.

7. Memilih tabir surya yang aman

7 Tips Mudah Basmi Jerawat Punggung yang Menggangguindependent.co.uk

Tabir surya membantu menjaga kulit dari sengatan sinar matahari. Namun jenis produk yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat! Tabir surya yang berminyak dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga berpotensi menimbulkan masalah kulit. Jadi, pilih produk yang oil-free dan ringan di kulit.

Selain tujuh cara ini, pastikan untuk menjaga pola makanmu! Konsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam, mencegah munculnya jerawat di bagian tubuh mana pun.

BACA JUGA: 7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap Mitos