Sudah nggak asing lagi kalau dapur, selain merupakan tempat seluruh bahan makanan tersedia, juga menjadi sumber bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan kulit. Bahan-bahan yang biasa digunakan ke dalam menu makanan sehari-hari, dapat diolah menjadi produk perawatan kesehatan kulit yang diracik oleh diri sendiri. Mulai dari bahan seperti baking powder, buah-buahan dan sayuran, serta telur. Pernah membuat masker wajah dari telur, Bela?

Telur, khususnya putih telur, sering digunakan sebagai masker wajah karena memiliki manfaat baik untuk kulitmu, lho. Kamu bisa menghemat banyak pengeluaran dengan mencoba membiasakan diri menggunakan face mask berbahan putih telur. Memangnya, apa saja manfaat masker putih telur?

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Melansir dari Beauty Munsta, putih telur memiliki kandungan astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dengan cara mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan khasiat ini, campurkan 1 sendok teh putih telur dan perasan air lemon (1 buah). 

Kemudian, oleskan ke seluruh wajah atau hanya pada bagian pori-pori besar. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan perawatan masker putih telur ini secara rutin, sebanyak 2x seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Putih telur juga dikenal memberikan manfaat mengencangkan kulit. Efek ini dapat kamu rasakan langsung ketika menggunakan masker putih telur, saat masker itu mengering di atas wajahmu. 

Karena itu, banyak yang membuat dan menggunakan masker putih telur untuk mengencangkan kulit pipi yang mengendur, atau kulit yang mengeriput di sekitar mata. Aplikasikan putih telur secara tipis pada wajah menggunakan kuas masker bersih, kemudian bilas ketika sudah mengering.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Bermasalah dengan kulit berminyak? Kamu harus mencoba perawatan masker putih telur ini, Bela. Karena efek mengencangkan dan mengecilkan pori-pori, putih telur juga sangat disarankan untuk pemilik kulit berminyak. Sebab, efeknya juga membantu mengurangi minyak pada kulit. 

Sebelum mengoleskan masker putih telur itu, cuci bersih wajah menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Lalu, lapisi wajah dengan putih telur dan biarkan mengering. Setelah itu, bersihkan masker dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Karena putih telur bekerja baik dalam mengendalikan minyak pada kulit, artinya secara nggak langsung bahan makanan ini dapat membantu mencegah dan melawan jerawat! Terutama yang disebabkan oleh kelebihan sebum pada permukaan kulit wajah.

Namun, hati-hati ketika mengoleskan putih telur pada kulit berjerawat karena dapat memperparah kondisinya. Karena itu, gunakan ujung q-tip (cotton bud) atau ujung jari yang bersih untuk mengaplikasikan putih telur pada kulit. Juga, tambahkan 2 tetes tea tree oil pada putih telur untuk perawatan yang lebih efektif.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Putih telur dapat membersihkan sebum berlebih serta kotoran yang menyumbat dalam pori-pori. Ini karena putih telur memiliki kandungan astringent dan efek mengencangkan yang diberikan. Putih telur secara alami membantu mengeluarkan blackhead dengan mengeluarkannya ke atas permukaan kulit. Kamu jadi bisa membersihkannya dengan mudah.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Karena dapat mengencangkan kulit, masker putih telur pun berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kemunculan keriput serta garis halus. Coba pakai masker putih telur ini 2x seminggu untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih muda.

Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah

Mengutip dari HelloGlow, rupanya putih telur juga dapat bekerja sebagai masker mata, lho. Putih telur dapat menjadi eye mask yang berfungsi melawan tanda-tanda penuaan dini. Caranya, campurkan putih telur, 1 sendok makan parutan wortel, dan 1 sendok teh aloe vera. Oleskan campuran tersebut pada sekitar dan bawah mata. Hindar bagian kelopak mata agar nggak masuk ke dalam bola penglihatanmu.

Manfaat lainnya adalah, masker putih telur untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, campurkan 1 putih telur dan 2 sendok teh bubuk kopi. Kocok dengan garpu hingga adonan berbusa atau sekkitar 1 menit lamanya. Kemudian, aplikasikan masker putih telur ini pada bagian bawah mata dengan tangan bersih atau kuas. Biarkan selama 10 menit dan masker bekerja mengencangkan kulitmu.

Nggak banyak yang mau menggunakan putih telur sebagai masker wajah karena baunya yang amis. Namun dengan segudang manfaat baik untuk kulit, mengapa nggak mencobanya, Bela? Menggunakan masker wajah putih telur alami secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit serta merawat tampilan wajah menjadi lebih cantik dan awet muda. Selain itu, konon putih telur dapat menjaga kesehatan rambut, lho!

Baca Juga: Langkah Mudah Bikin Pori-pori Wajah Mengecil dengan Masker Telur