Serum sering dianggap sebagai salah satu skincare yang hanya perlu kamu pakai ketika berusia 30 tahun ke atas. Kamu bisa menggunakannya ketika usia sudah beranjak dewasa, dan kulit sudah menampakkan masalah-masalahnya yang mengganggu penampilan, seperti kerutan dan flek hitam. Banyak orang belum menganjurkanmu untuk menggunakannya saat masih remaja atau baru menginjak usia 20-an. Namun, benarkah seperti itu, Bela?

Bagaimana jika kamu ingin menggunakan serum sebelum usia 30-an, apa itu dapat memberikan efek samping pada kulit? Kapan usia terbaik untuk menggunakan serum? Melansir dari Gritty Pretty, ini jawaban yang kamu cari.

Kapan Usia Terbaik Menggunakan Serum Wajah? Ini Jawabannya!

Perlu diingat kalau nggak semua masalah kulit datang hanya pada saat kamu beranjak dewasa. Artinya, usia bukan menjadi satu-satunya indikasi atas kondisi kulitmu. Pola makan, rutinitas perawatan kulit, kondisi genetik, serta keadaan lingkungan sekitar memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, kamu bisa mengalami kerutan atau bintik hitam sebelum memasuki usia 30 tahun. Lalu, bagaimana melawan atau mengatasinya? Dengan serum.

Kapan Usia Terbaik Menggunakan Serum Wajah? Ini Jawabannya!

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf awal, serum sering dipasarkan atau diperkenalkan sebagai produk perawatan untuk kalangan usia 30 tahun ke atas. Ini memberi pengertian kalau seseorang yang berusia di bawah 30 belum dianjurkan atau belum cocok untuk menggunakannya. Faktanya, menambahkan serum wajah pada rutinitas kecantikanmu pagi dan malam hari, di usia 20-an, dapat memberikan perubahan besar, loh!

Kapan Usia Terbaik Menggunakan Serum Wajah? Ini Jawabannya!

Kesalahpahaman paling umum tentang serum adalah produk tersebut nggak terlalu diperlukan dalam rutinitas kecantikan, serta berpotensi menyumbat pori-pori. Belum lagi konsistensi serum yang berlendir dan membuat wajah terasa lengket. Namun lagi-lagi, semua adalah kesalahpahaman yang perlu disingkirkan.

Serum merupakan produk dengan kandungan konsentrasi tinggi serta bahan aktif yang dapat bekerja efektif sampai ke dalam lapisan kulit. Nggak hanya itu, serum pun mengoptimalkan kinerja skincare lain yang kamu aplikasikan setelahnya. Jadi, masih yakin kalau produk ini nggak kamu perlukan dalam rutinitas kecantikanmu?

Kapan Usia Terbaik Menggunakan Serum Wajah? Ini Jawabannya!

Serum umumnya memiliki konsistensi yang ringan, seperti cairan gel yang dingin. Konsistensi ini sangat sempurna, menjadikan serum dapat bekerja efektif pada masalah kulit yang ingin kamu atasi, seperti noda hitam, kulit yang sangat kering, atau iritasi. Kandungan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya masalah kulit lainnya.

Kapan Usia Terbaik Menggunakan Serum Wajah? Ini Jawabannya!

Faktanya, serum dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Namun perlu diingat kalau kamu perlu berhati-hati menggunakan serum jika berusia di bawah 20 tahun atau memiliki kulit yang sensitif. Banyak serum memiliki bahan aktif tinggi yang diformulasikan untuk meningkatkan metabolisme sel. Jadi, sangat mungkin sebagian serum dapat bekerja terlalu aktif untuk kulit yang lebih muda dan kulit yang cenderung breakout (kulit lebih mudah dan cenderung berjerawat sudah memiliki metabolisme aktif). Amannya, pilih serum yang aman dan dapat bekerja efektif.

Jadi, boleh nggak memakai serum sebelum berusia 30 tahun? Tentu boleh, Bela! Namun, selalu perhatikan kandungan serum yang akan kamu gunakan, kondisi kulit, serta masalah yang ingin diatasi. Beberapa serum bisa jadi terlalu aktif sehingga menimbulkan efek samping. Pilih serum yang aman dan sesuai dengan jenis serta masalah kulitmu.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Pilihan Serum yang Cocok dengan Jenis Kulitmu