5 Fakta Mengenai Kedaluwarsa Sunscreen dan Tanda-Tandanya

Jangan simpan kalau sudah lebih dari 3 tahun

5 Fakta Mengenai Kedaluwarsa Sunscreen dan Tanda-Tandanya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sunscreen atau tabir surya jadi salah satu produk yang wajib kamu pakai setiap pagi dan sepanjang hari. Skincare jenis ini membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Mulai dari sunburn, tanda-tanda penuaan dini, sampai kanker yang berbahaya. Saking pentingnya, banyak orang yang selalu sedia sunscreen kapan saja, bahkan punya stok cadangan agar nggak pernah kehabisan. Eh, tapi, apa sunscreen-mu nggak kedaluwarsa?

Nggak berbeda dengan skincare lainnya, terdapat tanggal pembuatan serta tanggal kedaluwarsa (expired) pada kemasan sunscreen. Apa yang terjadi ketika sunscreen melewati batas pemakaiannya? Apa yang terjadi jika kamu mengaplikasikan sunscreen kedaluwarsa pada kulitmu? Melansir dari Bustle, ini jawaban atas semua pertanyaanmu itu.

1. Apa sunscreen bisa kedaluwarsa?

Benar, sunscreen juga bisa kedaluwarsa. Namun, skincare ini memiliki usia penyimpanan yang cukup lama. Menurut dermatolog, tabir surya merupakan skincare yang diatur oleh FDA dan produk yang dapat dibeli tanpa resep. 

Artinya, produk ini telah melalui uji stabilitas yang dapat memberikan tanggal kedaluwarsa spesifik. Jika pemakaian melewati tanggal tersebut, produsen nggak dapat menjamin sunscreen dapat bekerja dengan optimal.

Banyak produk kecantikan dan kesehatan kulit hanya menuliskan bulan kedaluwarsa pemakaian, seperti 6M atau 12M. Namun, kebanyakan orang jarang melihat simbol ini saat membeli produk itu. Kamu pun nggak tahu berapa lama produk itu dipajang dalam rak toko atau gudang penyimpanan. 

Tetapi, dermatolog mengatakan kalau sebagian sunscreen meminimalisir hal tersebut dengan mencantumkan tanggal jelasnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui tanggal kedaluwarsa sunscreen.

2. Berapa lama sunscreen dapat bertahan?

Sebagian sunscreen lainnya nggak mencantumkan tanggal kedaluwarsanya dengan jelas. Kalau begitu, berapa lama produk ini bertahan dalam keadaan baik untuk dipakai? Dermatolog mengatakan kalau waktu maksimal pemakaian sunscreen adalah 3 tahun. Jadi jika kamu memiliki koleksi sunscreen yang sudah berusia 3 tahun atau lebih, sebaiknya buang, Bela.

Namun, jangan lupa kalau produk itu sebelumnya sudah melalui sebagian waktu di rak pajangan toko dan gudang penyimpanan, yang entah lamanya. Karena itu jika kurang yakin, dermatolog menyarankan untukmu membeli sunscreen baru setiap memasuki musim panas/musim kemarau.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here