Siapa pun tentunya menginginkan bibir yang terlihat pink merona dengan alami. Baik laki-laki maupun perempuan. Mudah, sih, mendapatkannya. Cukup dengan mengoleskan lipstik, lip tint, atau produk sejenisnya pada bibir. 

Namun terkadang, warna bibir yang hitam dapat memengaruhi pigmentasi produk sehingga warna dapat nampak berubah, nggak sesuai seperti yang diinginkan. Belum lagi dengan kondisi bibir yang tampak kusam, kamu jadi selalu bergantung dengan lipstik agar dapat menyamarkan warna tersebut.

Warna bibir hitam dapat disebabkan banyak hal, seperti konsumsi teh atau kopi yang berlebihan, terkena paparan sinar matahari, atau kurang merawat kesehatan bibir. Namun nggakperlu khawatir, karena ada beberapa cara memerahkan bibir hitam secara alami. Apa saja?

1. Minyak kelapa

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamiubudbotany.com

Cara memerahkan bibir hitam secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Faktanya, minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembapan dan kesehatan bibir, secara nggak langsung dapat membuat bibir terlihat merona.

Gunakan minyak kelapa sebagai pengganti lip balm sepanjang hari. Aplikasikan sedikit minyak kelapa dan ulaskan secara merata ke seluruh permukaan bibir. Pakai setiap pagi dan malam hari sebelum tidur, serta saat bibirmu merasa kering.

2. Almond oil

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamihealthline.com

Selain menggunakan minyak kelapa murni, cara memerahkan bibir hitam secara alami lainnya adalah dengan menggunakan produk serupa yaitu Aamond oil. Produk almond oil ini mengandung emolien yang membantu menghaluskan dan meremajakan kulit. Juga, kandungan sclerosant membantu mencerahkan warna bibir dan mengurangi warna yang nggak merata.

Tuangkan 1-2 tetes almond oil pada jari dan pijat pada permukaan bibir selama 1-2 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin pada malam hari sebelum tidur.

3. Gunakan lemon dan madu

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamipurebread.com

Perpaduan lemon dan madu dipercaya dapat membantu mencerahkan warna bibir hitam. Ekstrak sitrus dalam air perasan lemon membantu menghilangkan warna kecoklatan pada bibir, sedangkan madu bekerja melembapkan bibir sehingga membuatnya terlihat merona.

Buat serum bibir dengan kombinasi kebaikan lemon dan madu. Campurkan air perasan lemon (yang diperas dari setengah bagian buahnya) dan madu. Kemudian, lapisi bibir dengan serum bibir alami ini dan biarkan selama 1 jam. Setelahnya, bersihkan dengan menggunakan kain basah yang lembut. Cara memerahkan bibir hitam secara alami yang satu ini terbukti efektif lho!

4. Aloe vera

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamimedicalnewstoday.com

Sudah tahu aloe vera, Bela? Dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu mengatasi masalah warna bibir gelap, lho! Aloe vera mengandung flavanoid yang disebut aloesin

Senyawa polifenol ini menghambat proses pigmentasi pada kulit sehingga dapat mencerahkan warna bibir. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga mebantu meremajakan kulit dan memberikan nutrisi sehat untuk kulit.

Oleskan aloe vera secara tipis pada bibir dan biarkan mengering. Kemudian, bersihkan dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setiap hari sebagai cara memerahkan bibir hitam secara alami.

5. Cuka apel

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alaminaturallygluten-free.com

Selain dapat merawat kesehatan kulit, cuka apel juga dapat digunakan sebagai salah satu cara memerahkan bibir hitam secara alami. Kandungan alpha hydroxy acids (AHA) di dalamnya bekerja sebagai pencerah alami dan membantu menghilangkan pigmentasi bibir.

Larutkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam air (dengan takaran 1 sendok teh). Kemudian, tuangkan larutan ini pada kapas dan tepuk-tepukkan secara perlahan pada permukaan bibir. Biarkan mengering selama 10-12 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. 

Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang optimal. Namun ingat, hindari penggunaan cuka apel selama semalaman karena paparan asam yang begitu lama dapat membahayakan kesehatan kulit.

6. Baking soda

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamimedicalnewstoday.com

Salah satu penyebab lain bibir gelap adalah mengumpulnya sel kulit mati pada permukaan bibir. Kalau ini alasannya, kamu dapat mengeksfoliasinya dengan baking soda. Bahan pembuat kue ini membantu mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati, menyehatkan dan mencerahkan bibir hingga merona.

Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air, aduk hingga menjadi sebuah pasta. Aplikasikan pasta ini ke permukaan bibir dan gosok secara perlahan dengan gerakan memutar. 

Kamu dapat mengggunakan sikat gigi atau jari saat melakukan langkah ini. Gosok selama 2-3 menit, kemudian bersihkan dengan air. Lanjutkan dengan mengoleskan lip balm atau minyak zaitun untuk menjaga bibir tetap lembap setelah eksfoliasi.

7. Buah bit merah

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamimedicalnewstoday.com

Cara memerahkan bibir hitam secara alami selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan buah bit merah. Air perasan dari buah bit diyakini membantu menghilangkan warna kecoklatan pada bibir secara alami, dan membantu memberikan warna merona pada bibir. Buah bit juga membantu membersihkan kulit dan menjaganya tetap kenyal. Kandungan antioksidan di dalam buah bit bantu menjaga bibir tetap sehat dan muda.

Iris buah bit dan simpan di dalam kulkas. Ketika sedang istirahat atau memiliki waktu luang, gosokkan irisan buah bit yang dingin pada permukaan bibir selama beberapa menit. Lalu, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bersihkan bibirmu. Lakukan ini setiap hari untuk hasil bibir cerah merona dengan optimal.

8. Jus timun

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamivfoodbank.com

Timun bantu meremajakan dan mencerahkan warna bibir secara alami. Timun juga membantu menenangkan dan menutrisi kulit bibirmu.

Haluskan setengah buah timun untuk membuat jus timun yang segar, lalu dinginkan dalam kulkas. Ketika ingin menggunakannya, celupkan bola kapas pada jus timun dingin itu dan oleskan pada bibir. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas bersih. Lakukan secara rutin setiap hari dan lihat hasilnya setelah memasuki rentang hari ke-15 sampai hari ke-20.

9. Air mawar

9 Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitam Secara Alamimedicalnewstoday.com

Air mawar bekerja merangsang aliran darah ke bibir dan menutrisinya. Selain itu, air mawar bekerja mencerahkan warna bibir dan meningkatkan pergantian sel baru.

Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur. Celupkan bola kapas pada air mawar dingin, lalu aplikasikan pada bibir. Gosokkan kapas tersebut dengan lembut pada bibir selama beberapa menit. Lalu, biarkan air mawar mengering sepanjang malam.

Itulah sembilan cara memerahkan bibir hitam secara alami yang mudah dan bisa kamu coba. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Penyebab Bibir Hitam