Beberapa bulan ke belakang sampai detik ini, produk kecantikan berbahan dasar aloe vera menjadi incaran para perempuan. Sederhana. Selain karena dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit, tanaman bernama lain lidah buaya ini diyakini dapat mengobati jerawat, salah satu masalah wajah yang paling merepotkan!

Namun, kabar lain juga menyebutkan kalau produk aloe vera ini kurang ampuh mengatasi jerawat. Jadi, mana yang benar? Cari tahu bersama, yuk!

Ini 5 Fakta Aloe Vera untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Melansir dari Women's Health, dalam pengobatan Ayurveda, aloe vera sering digunakan untuk menangani kulit yang terkena kondisi inflamasi, seperti psoriasis, jerawat, dan eksema. Tanaman ini juga mengandung polifenol dan antioksidan lain yang bekerja sebagai anti-bakteri, membantu melawan bakteri yang menghasilkan jerawat.

Ini 5 Fakta Aloe Vera untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Lauren Fine, M.D., dermatologis bersertifikasi di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology, aloe vera nggak dapat menyembuhkan bekas jerawat. "Karena bekas jerawat bukan proses inflamasi aktif, tanaman ini kurang dapat bekerja untuk masalah itu." Dengan kata lain, aloe vera dapat mengurangi kemerahan dan meredakan jerawat membandel, namun kurang efektif untuk menghilangkan bekasnya.

Ini 5 Fakta Aloe Vera untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Sebagian orang mungkin telah membuktikan manjurnya aloe vera pada masalah jerawat mereka. Namun melansir dari Elite Daily, produk ini belum tentu efektif untuk semua orang. Boleh jadi ada yang mendapatkan efek alergi, nggak mendapatkan hasil apapun, atau menjadikan kondisi jerawat jadi lebih buruk. Jika hal itu yang terjadi, para dermatologis menyarankanmu untuk segera menemui ahli kecantikan agar menerima perawatan yang tepat.

Ini 5 Fakta Aloe Vera untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Jangan berkecil hati ketika manfaat baik aloe vera kurang ampuh menyembuhkan jerawatmu, Bela. Sebab tanaman ini dapat membantu mengatasi masalah lainnya, seperti luka bakar. Aloe vera yang diolah menjadi gel, juga dapat digunakan sebagai alternatif after-shaving gel. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E, juga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut jika diusapkan pada kulit kepala secara teratur.

Ini 5 Fakta Aloe Vera untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Kamu bisa merasakan manfaat aloe vera ini dengan menggunakan berbagai produk kecantikan yang menjadikan tanaman ini sebagai bahan utamanya, misalnya aloe vera gel. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembap atau face mask. Namun, ahli kecantikan merekomendasikanmu untuk menggunakan lidah buaya itu secara alami. Sebab menurut mereka, sulit untuk mengukur tingkat konsentrasi aloe vera dalam produk kemasan. 

Jadi, apa aloe vera adalah solusi terbaik untuk jerawatmu? Kamu perlu mengujinya sendiri untuk tahu jika tanaman ini cocok dengan kulitmu, Bela. Sebab, nggak semua produk kecantikan bekerja dan menghasilkan efek yang sama pada semua orang.

BACA JUGA: 7 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat