Memilki kulit putih dan cerah mungkin jadi impian kebanyakan perempuan. Nggak sedikit yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit purih tersebut misalnya dengan menggunakan krim atau lotion pemutih. Tapi mayoritas orang menginginkan sesuatu yang instan, maka dari itu beberapa di antaranya mencoba untuk suntik putih.

Apa itu suntik putih?

Pada dasarnya, suntik putih bertujuan meningkatkan skin tone hingga menjadi lebih putih dan terang. Caranya, menyuntikkan atau memasukkan cairan dengan kandungan aktif ke dalam tubuh.

Ketahui Tentang Suntik Putih dan Efek Sampingnya https://id.pinterest.com/pin/169166529738957558/

Cairan yang digunakan untuk suntik putih salah satunya adalah vitamin C. Fungsi dari vitamin C untuk membantu mencegah timbulnya kerutan di kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen, serta membantu agar kulit terlihat lebih muda. Namun perlu kita ketahui Bela, bahwa efek dari suntik vitamin C hanya mencerahkan kulit dan mengembalikan rona asli kulit, bukan untuk memutihkan.

Ketahui Tentang Suntik Putih dan Efek Sampingnya Pinterest.com

Selain vitamin C, terdapat juga zat glutathione yang merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Glutathione juga mempunyai manfaat untuk menjaga sistem imun tubuh.

Sebelum melakukan suntik putih, ada baiknya kita untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan memilih dokter yang kompeten dalam bidang ini. Selain itu, kamu juga bisa untuk memeriksa terlebih dahulu riwayat kesehatanmu.

Apakah suntik putih itu aman? Adakah efek sampingnya?

Nggak semua orang dapat melakukan suntik putih, ada beberapa efek samping yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan suntik putih ini. Ayo simak beberapa efek samping di bawah ini.

1. Masalah pencernaanmu terganggu

Mengkonsumsi vitamin C berlebihan dalam tubuh dapat mengganggu pencernaan seperti diare. Jadi berkelbihan vitamin C juga nggak baik lho Bela!

2. Gangguan pada ginjal dan hati

Dosis vitamin C yang terlalu berlebihan juga dapat merusak organ pencernaan seperti hati dan ginjalmu. Vitamin C sendiri akan diolah oleh tubuh menjadi oksalat, yang menyebabkan batu ginjal.

Ketahui Tentang Suntik Putih dan Efek Sampingnya refinery29.com

3. Nggak baik untuk ibu hamil

Melakukan suntik putih ini nggak disarankan untuk ibu hamil. Selain vitamin C yang disuntikkan terlalu tinggi, faktor lain juga dapat menghambat produksi progesteron sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

4. Dapat menyebabkan diabetes

Bagi pengidap diabetes sangat nggak disarankan lho untuk melakukan suntik putih ini. Karena dapat memberikan efek overdosis pada vitamin C dalam jangka waktu panjang dan nggak baik untuk tubuh.

Ketahui Tentang Suntik Putih dan Efek Sampingnya finecsekin.com

5. Berpotensi kanker

Efek samping yang satu ini sangat berbahaya sekali Bela. Suntik putih bisa menyebabkan sel kanker di dalam tubuhmu berkembangbiak akibat pemakaian vitamin C yang terlalu banyak. Harus diwaspadai ya Bela.

Itulah beberapa efek samping dan bahaya suntik vitamin C. Walaupun suntik vitamin C merupakan salah satu cara instan untuk mempercantik kulitmu, kamu harus tetap berhati-hati sebelum melakukannya. Suntik putih dapat dilakukan dengan prosedur dan penggunaan dosis yang tepat. Hati-hati dalam mengambil keputusan ya!

Baca Juga: Nggak Selalu Berbahaya, Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Tubuh