Telapak tangan bertekstur kasar pasti nggak enak kan, Bela? Apalagi kalau harus bersalaman, pasti malu karena permukaan tanganmu kasar. Jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC pun dapat membuat telapak tangan kita menjadi kering. Nggak hanya wajah dan rambut, tetapi kondisi tangan kita pun harus diperhatikan. 

Handcream memang produk yang ampuh untuk melembabkan kembali tekstur telapak tangan. Tapi ternyata ada cara alami yang bisa kalian lakukan. Yuk, simak bahan-bahan alami yang bisa menghaluskan tanganmu!

1. Lidah buaya

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiPinterest.com

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan seperti melembapkan kulit, serta meremajakan kulit. Terdapat kandungan vitamin C dan vitamin yang fungsinya untuk menghaluskan kulit. Jadi kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk menghaluskan telapak tanganmu.

2. Minyak zaitun

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiGoogle.com

Sama halnya dengan lidah buaya, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Dengan kandungan vitamin C, dan D berfungsi untuk meremajakan kulit. Adapun kandungan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban kulit secara alami. Minyak zaitun sangat mudah untuk diaplikasikan, hanya dengan mengoleskannya di telapak tanganmu dan lakukan dalam 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Kentang

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiUnsplash.com

Kentang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menjadikan kulit kasar dan kusam. Kentang dapat dijadikan sebagai masker tangan yang diaplikasikan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Madu

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiMedicalnewstoday.com

Mirip dengan lidah buaya, madu yang teksturnya agak kental dapat berfungsi untuk melembabkan. Dengan kandungan vitamin dan antioksidan dapat menjaga kelembapan kulit secara maksimal. Kamu bisa mengaplikasikan madu di telapak tangan, lalu gunakan selama 5 menit sambil memijatnya.

5. Ampas kopi

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiGoogle.com

Cara menghaluskan tangan secara alami bisa dengan menggunakan ampas kopi juga lho Bela. Kopi mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah bakteri dan kuman yang masuk ke kulitmu. Kopi juga mengandung beberapa zat yang dapat mengangkat sel kulit matimu. Ampas kopi bisa kau jadikan masker, lalu diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Teh

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiPexels.com

Biasanya setelah menyeduh teh kita suka membuangnya begitu saja kan? Eits, jangan langsung dibuang Bela. Ternyata teh bisa menghaluskan tangan kamu. Teh yang memiliki kandungan antioksidan dapat membuat kulit tampak halus dan bersih. Diamkan teh bekas pakai di tanganmu selama 10 menit, pemakaian ini bisa dilakukan 3 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan. Gampang banget ya!

7. Susu cair

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiPexels.com

Selain memiliki fungsi yang banyak untuk kesehatan, susu cair juga dapat menghaluskan telapak tanganmu. Selain mudah didapat, susu cair yang memiliki kandungan vitamin dan mineral bisa merawat kulitmu dengan baik. Mudah banget, kamu hanya perlu mencelupkan tanganmu ke dalam wadah yang berisi susu cair lalu diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

8. Minyak kelapa

Biar Tetap Lembut, Ini 8 Cara Menghaluskan Tangan Secara AlamiPexels.com

Bahan alami yang terakhir adalah minyak kelapa. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawatan pada telapak tangan yang kurang sehat, kasar, dan kapalan. Dengan mengoleskan minyak kepala, dapat membantu merelaksasikan kulitmu agar lebih sehat dan halus.

Bahan alami untuk menghaluskan telapak tangan dapat kamu temukan dengan mudah. Cara mengaplikasikannya juga nggak terlalu susah kok. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan secara rutin ya. Semoga bermanfaat untuk kulitmu Bela.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghaluskan Kulit Wajah