Touch-up berkali-kali dan perasaan insecure kulit wajah terlihat mengilap merupakan derita yang dirasakan oleh kamu yang memiliki jenis wajah berminyak. Sebenarnya, minyak di wajah itu dipercaya dapat membuat kulit lebih halus, lembut, dan nggak mudah keriput. Namun, minyak yang berlebih malah bisa menimbulkan jerawat.  Nah, kira-kira kenapa ya kulit wajah kamu bisa berminyak, Bela? Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi serta menghilangkan kulit wajah berminyak.

1. Faktor Keturunan

Inilah Alasan Kulitmu Berminyak dan Cara Jitu Mengatasinyawww.theodysseyonline.com

Wajah berminyak biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Jangan karena kamu memiliki wajah berminyak, kamu malah terus-terusan cuci muka supaya minyak di wajah hilang seketika. Ternyata, cara ini salah banget, Bela. Seharusnya, kamu membersihkan wajah nggak lebih dari 2x sehari tapi harus dilakukan rutin, ya. Setelah berolahraga juga kamu wajib banget membersihkan wajah untuk menghilangkan sisa-sisa keringat dan minyak.

2. Kadar Hormon Berlebih

Inilah Alasan Kulitmu Berminyak dan Cara Jitu Mengatasinyaneostuff.net

Wajah berminyak juga bisa disebabkan karena kadar hormon kamu meningkat lebih banyak pada masa pubertas.  Hormon ini dinamakan androgen. Tingkat hormon androgen ini sendiri cenderung meningkat pada kulit wajah kamu saat sebelum masa menstruasi, selama kehamilan, dan selama menopause. Selain itu, wajah berminyak juga bisa terjadi akibat gaya hidup yang kamu jalani sehari-hari, seperti tingkat stres. 

Karenanya, kebanyakan mereka yang stres lebih cenderung memiliki minyak berlebih pada wajah dan menjadi sangat mudah terserang jerawat. Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan pembersih lembut bebas minyak, dan setelah wajah kamu bersih, jangan lupa untuk menggunakan toner untuk membantu membuang kelebihan minyak. 

3. Faktor Makanan dan Minuman

Inilah Alasan Kulitmu Berminyak dan Cara Jitu Mengatasinyauniquehairconcepts.com

Kamu yang memiliki wajah berminyak sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang malah membuat produksi minyak semakin banyak. Karbohidrat olahan, seperti gula, roti tawar, kemudian makanan cepat saji, seperti burger, pizza, lalu produk olahan susu, serta daging merah merupakan jenis-jenis makanan yang akan membuat produksi minyak di wajahmu semakin banyak jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, hindari juga makanan gorengan dan mie instan, sebaliknya, kamu justru harus mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat.

4. Lingkungan

Inilah Alasan Kulitmu Berminyak dan Cara Jitu Mengatasinyatoday.com

Cuaca yang panas disertai polusi bisa menyebabkan wajah kamu semakin berkeringat dan kemudian disusul dengan produksi minyak yang berlebih pada kulit. Coba deh kamu buat sendiri masker alami di rumah untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Caranya siapkan perasan jeruk lemon, lalu oleskan dengan bantuan kapas ke wajah kamu, diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. 

5. Kesalahan Kosmetik

Inilah Alasan Kulitmu Berminyak dan Cara Jitu Mengatasinyabarelytherebeauty.com

Bela, jika jenis kulit kamu berminyak, maka kamu harus menghindari kosmetik yang kaya akan pelembap, cream, dan lotion. Jenis kosmetik ini hanya cocok untuk kamu yang memiliki jenis wajah kering. Untuk tipe kulit berminyak, produk perawatan yang disarankan adalah yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti Salicylic Acid, karena zat ini terbilang efektif mengurangi kadar sebum di kulit.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi serta menghilangkan kulit berminyak. Semoga bermanfaat, Bela. 

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Yang Tepat