Eksfoliasi wajah dibutuhkan oleh semua jenis kulit tanpa terkecuali. Membantu regenerasi kulit, mencerahkan, menghilangkan sel kulit mati, eksfoliasi memang banyak manfaatnya. Tapi, perlu diperhatikan lho kandungan serta jenis eksfoliator yang sesuai dengan tipe kulit kamu agar hasilnya maksimal. Kalau terlalu kasar, kulit kamu dapat rusak dan malah dehidrasi lho, begitupun sebaliknya. Gimana Bela, Penasaran? Yuk simal artikelnya!

Wajib Tahu, Inilah Jenis Eksfoliator yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Kulit kering membutuhkan hidrasi yang lebih dibandingkan kulit yang berminyak. Penting untuk memilih scrub yang memiliki kandungan moisturizing oil. Selain itu tekstur scrub yang dipilih disarankan seperti lotion yang biasanya cenderung lebih creamy. Wajah lebih cerah dan terhidrasi sekaligus!

Wajib Tahu, Inilah Jenis Eksfoliator yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Perlu kamu ketahui bahwa jenis kulit yang berminyak bisa saja disebabkan oleh dehidrasi. Untuk itu, pilihlah jenis exfoliator yang dapat menyeimbangkan kelembapan di wajah kamu. Jangan sampai jadinya kering atau dehidrasi ya! Physical exfoliator seperti contohnya scrub dan cleansing device dapat menjadi pilihan. Gunakan physical exfoliator yang light dan nggak bersifat abrasif. Untuk scrub pilih partkel yang halus dan kecil. Begitupun dengan cleansing device, pilihlah bulu yang bersifat soft.

Wajib Tahu, Inilah Jenis Eksfoliator yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Kamu perlu berhati-hati lho Bela jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Kebanyakan kandungan di dalam physical atau chemical exfoliator terlalu harsh untuk kulit kamu. Lebih baik untuk mencari exfoliator seperti powder yang menggandung rice atau oatmeal. Tapi, ada baiknya kamu konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu atau patch test dahulu. Selamat mencoba!

Wajib Tahu, Inilah Jenis Eksfoliator yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Jika kamu memiliki wajah yang kombinasi dan lebih ke arah berminyak, physical atau chemical exfoliator bisa kamu pilih. Yang terpenting keduanya bersifat light dan gentle pada kulit wajah. Kamu juga bisa mengggunakan produk yang mengandung AHA, mulai bertahap dari 0,1% ya Bela.

Wajib Tahu, Inilah Jenis Eksfoliator yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Wajah mature skin lebih cenderung bersifat kering. Walaupun begitu eksfoliasi tetap dibutuhkan untuk membuang kulit mati dan juga membantu memperbaiki tekstur kulit, terutama fine lines. AHA dan BHA dapat membantu eksfoliasi pada mature skin agar lebih maksimal. Chemical exfoliator dapat menjadi andalan kamu deh! 

Gimana Bela, ada nggak nih cara yang sudah kamu tiru?

 

Penulis: Kerene Jesica

Baca Juga: Ini Produk Terbaru dari L'Occitane yang Dapat Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah