Euforia punya tato baru harus diimbangi dengan perawatan yang baik. Ya, setelah membuat tato baru, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan. Hal tersebut dilakukan agar hasil akhir tato (healed tattoo) tetap cantik dan sempurna.

Jadi, setelah proses pembuatan tato selesai, kamu harus menunggu sekitar 2-3 minggu sampai tato tersebut benar-benar pulih. Nah, dalam masa waktu penyembuhan tersebut, kamu perlu melakukan perawatan secara intensif pada tato barumu.

Yuk, cermati beberapa hal yang wajib kamu lakukan setelah membuat tato baru ini agar hasil akhir tatomu tetap sesuai ekspektasimu.

1. Buka pembungkus tato setelah 1-2 jam

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Barusavedtattoo.com

Setelah proses pembuatan tato selesai, bagian kulit yang ditato akan ditutup dengan plastik pembungkus. Tato baru akan ditutup selama 1-2 jam agar tidak terinfeksi oleh bakteri atau terpapar kotoran. Setelah 1-2 jam, bukalah pembungkus tato tersebut. Kamu juga bisa bertanya kepada seniman tatomu mengenai waktu yang tepat untuk membuka plastik pembungkus tato.

2. Segera cuci tato dengan air mengalir

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Baruunsplash.com/Mariano Nocetti

Usai menanggalkan plastik pembungkus, kini kamu harus mencuci tato barumu tersebut dengan air yang mengalir. Proses pencucian ini dilakukan untuk membersihkan sisa tinta atau darah yang muncul saat proses tato berlangsung.

Gosok tato dengan jari secara perlahan dan hindari penggunaan sabun atau alat lain untuk menggosok tato. Selama masa pemulihan, hindari kontak antara tato dengan sabun atau busa.

3. Rutin mengoleskan pelembap

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Barudesignpress.com

Untuk menjaga agar tato selalu lembab dan tidak mengelupas, oleskan pelembap tanpa aroma secara rutin. Pelembab juga berfungsi untuk menjaga agar warna tato tetap cerah.

Selain pelembap tanpa aroma, kamu juga bisa menggunakan after tattoo cream yang sudah banyak dijual di marketplace.

4. Lindungi tato dari sinar matahari

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Baruunsplash.com/Cortney White

Tato yang baru dibuat memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Kamu harus melindungi tato barumu dari paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari dapat merusak dan memudarkan warna tato.

Kalau kamu terpaksa beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, oleskan krim tabir surya di area kulit yang ditato. Setelah itu, balut tato dengan perban untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

5. Hindari mandi berendam

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Barulifestyleasia.com

Pada saat mandi, tatomu tidak perlu ditutup dengan plastik. Tak masalah jika tato terkena air, tetapi hindari penggunaan sabun di area tubuh yang ditato. Sabun bisa merusak tato sekaligus membuat warnanya lebih pudar jika belum pulih sempurna.

Meskipun tatomu boleh terkena air, tapi kamu tetap harus menghindari mandi berendam. Tato yang lama terendam oleh air juga bisa rusak, lho.

6. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Baruunsplash.com/Jessie Shaw

Apabila tatomu terletak di bagian tubuh yang selalu bergesekan dengan pakaian, maka hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat agar tatomu tidak terus menerus tergesek kain. Gesekan antara kulit dan kain bisa merusak tatomu yang belum sembuh sempurna. Usahakan untuk selalu memakai pakaian longgar. Kalaupun harus memakai baju ketat, tutup dulu tatomu dengan perban.

7. Jangan menggaruk tato

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Membuat Tato Baruunsplash.com/Content Pixie

Pada saat pemulihan tato baru, bagian kulit yang ditato akan terasa gatal. Semakin besar ukuran tato atau semakin banyak bagian yang diwarnai dengan tinta tato, maka rasa gatalnya pun akan semakin terasa. Ketika kamu merasa gatal, jangan sesekali menggaruk tato karena itu bisa merusaknya.

Apabila ada kulit yang terkelupas, hindari keinginan untuk mengelupas atau mengopek kulit tersebut.

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Membuat Tato

Baca Juga: Tambah Lagi, Ini 5 Tato Baru Jungkook BTS dan Makna di Baliknya

Baca Juga: 12 Idol Kpop Perempuan yang Tak Takut Pamer Tato