Ada banyak penyebab ketiak hitam, dari mulai pemakaian deodoran yang salah, teknik mencukur yang salah, dan sebagainya. Namun, bagaimana cara mencerahkan kulit ketiak?

Banyak cara yang dapat dilakukan, namun yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami karena bahan alami nggak memiliki efek samping dan juga mudah didapatkan. Yuk simak beberapa cara memutihkan ketiak hitam secara alami menggunakan bahan-bahan dibawah ini.

1. Apel

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Iniwww.vivirenflow.com

Apel mengandung tingkat keasaman dan AHA yang dapat membunuh kuman dan bakteri, noda hitam dan bau pada ketiak dapat teratasi dengan menghaluskan apel lalu menggosokannya ke ketiak.

2. Kunyit

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Iniwww.perkinelmer.com

Kunyit efektif untuk memulihkan kulit iritasi, menyamarkan noda dan pigmentasi. Caranya ialah dengan mengambil kunyit bubuk atau serut yang dioleskan ke ketiak secara merata. Selain itu, hal yang dapat dilakukan dengan mencampurkan kunyit bubuk dan susu. Nggak hanya dapat memutihkan kulit, kunyit bisa juga untuk menghilangkan bau pada ketiak.

3. Mentimun

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Initheglowingfridge.com

Mentimun juga dapat menghilangkan noda hitam pada ketiak dengan cara menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Mentimun akan memutihkan sekaligus melembapkan kulit.

4. Kulit Jeruk

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami IniOhgitu.id

Kulit jeruk mengandung asam sitrat yang dapat mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai kulit jeruk mengering. Giling hingga menjadi serbuk, ambil dua sendok teh serbuk kulit jeruk tersebut dan campur dengan air mawar. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

5. Minyak Kelapa

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Iniwww.alibaba.com

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Jika menggunakan minyak kelapa, Anda disarankan untuk memakainya setiap hari dengan memijat ketiak yang dilakukan sebelum mandi.

6. Susu dan Yoghurt

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Iniluv-cooks.com

Susu dan yoghurt memiliki manfaat untuk kesehatan kulit karena terkandung vitamin C pada yoghurt dan sifat lembap pada susu sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan ketiak, dan menjaga kelembapan kulit ketiak.

7. Lidah Buaya

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Inidrpawpaw.com

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu dapat memutihkan ketiak karena daging pada lidah buaya memiliki kandungan gel yang kaya akan vitamin C dan air.

8. Gula

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami IniCarabathin

Penggunaan gula untuk memutihkan ketiak dapat dilakukan karena gula memiliki butiran yang sedikit kasar sehingga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Gula bisa dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun untuk tetap membantu melembapkan kulit ketiak.

9. Jeruk Nipis atau Lemon

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami IniPenulispro.com

Jika anda nggak memiliki lemon, anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama. Jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C untuk memutihkan kulit ketiak dan asam buah yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sel kulit mati.

10. Kentang

Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Inipinterest.com

Seperti mentimun, zat yang ada di kentang dapat memutihkan ketiak, menghambat penumpukan dari sel kulit mati, dan mencegah bakteri untuk berkembang.

Perlu kesabaran dan penggunaan dalam waktu rutin, agar mendapat kulit ketiak yang putih dan lembap dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

Itulah cara memutihkan ketiak hitam secara alami yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat, Bela.

Penulis: Adeline Hermina Felicia

Baca Juga: 7 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami Minim Efek Samping

Baca Juga: Bikin Ketiak Makin Cerah dengan Lima Produk Ini Yuk!

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiak