Salah satu ingredient atau kandungan produk skincare yang kerap kali diandalkan untuk mencegah penuaan dini adalah vitamin C. Kandungan yang umumnya ditemukan di dalam serum ini juga ternyata memiliki manfaat lain untuk kulit, yaitu mengurangi hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, mengurangi kerutan pada wajah, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Kemudian, setiap serum yang mengandung vitamin C ini tentunya memiliki konsentrasi berbeda-beda. Semakin tinggi konsentrasi vitamin C pada suatu produk, semakin baik juga hasil yang akan diperoleh.

Untuk menghindari efek samping seperti iritasi, serum vitamin C dengan konsentrasi yang rendah, yaitu di bawah 10% merupakan pilihan terbaik untuk pemula. 

Lalu, apa saja sih serum vitamin C yang aman untuk pemula?

1. Versed Stroke of Brilliance Brightening Serum

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!target.com

Serum vitamin C yang memiliki konsentrasi rendah adalah Versed Stroke of Brilliance Brightening Serum. Serum ini mengandung 0,5% vitamin C. Tidak hanya cocok untuk pemula, serum ini juga aman digunakan oleh kamu yang memiliki kulit sensitif. Selain mengandung vitamin C, serum ini juga mengandung niacinamide yang bisa menenangkan kulit iritasi.

2. Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!klairscosmetics.com

Serum vitamin C yang memiliki konsentrasi rendah lainnya adalah Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop. Serum ini mengandung 5% vitamin C jenis ascorbic acid dan aman digunakan oleh pemula karena kandungan vitamin C-nya yang rendah. Untuk cara pengaplikasiannya, gunakan tiga sampai empat drop serum ini setelah menggunakan toner, kemudian aplikasikan ke wajah sambil melakukan gerakan menepuk dengan lembut.

3. Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!

Selanjutnya, ada Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum. Serum vitamin C yang berasal dari Korea Selatan ini dipercaya sebagai serum vitamin C yang aman digunakan oleh pemula karena diformulasikan dengan kandungan yang tidak membuat kulit iritasi.

Selain itu, serum ini juga mengandung ekstrak centella asiatica dan teh hijau yang bermanfaat untuk menenangkan kulit. Untuk cara pengaplikasiannya, gunakan serum ini setelah mengaplikasikan toner ke wajah.

4. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!kiehls.com

Kemudian, ada Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution. Serum ini mampu mengurangi bintik hitam pada kulit, hiperpigmentasi, serta bintik bekas jerawat. Serum ini mengandung vitamin C dengan jenis 3-o-Ethyl Ascorbic Acid yang tergolong lembut untuk kulit. Serum vitamin C ini juga diformulasikan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

5. Whitelab C Dose Brightening Serum

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!whitelab.co.id

Serum vitamin C dengan konsentrasi rendah selanjutnya datang dari brand lokal, yaitu Whitelab. Serum ini mengandung 2% ethyl ascorbic acid. Selain konsentrasinya rendah, jenis vitamin C tersebut juga tidak membuat kulit iritasi.

6. Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

6 Rekomendasi Serum Vitamin C yang Aman untuk Pemula!

Masih dari brand lokal, serum vitamin C yang satu ini tergolong aman untuk pemula karena mengandung vitamin C jenis 3-o-Ethyl Ascorbic Acid yang tidak membuat kulit iritasi. Namun, kamu baru bisa menggunakan serum ini apabila sudah berusia 15 tahun ke atas ya, Bela!

Segera hentikan penggunaan serum vitamin C apabila kamu mengalami iritasi ya!