Beberapa waktu ini, Centella Asiatica menjadi salah satu kandungan skincare yang digunakan untuk berbagai produk. Bermula dari beberapa brand Korea yang mengeluarkan skincare untuk kulit sensitif dengan kandungan utama Centella asiatica, tren penggunaan centella asiatica sebagai kandungan skincare pun merajalela. Tidak hanya produk skincare asal Korea saja, tetapi beberapa brand lokal Indonesia pun turut memakai Centella asiatica sebagai kandungan pada skincare yang mereka buat.

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitwww.wearedore.com

Jadi sebenarnya, centella asiatica itu apa? Jadi, centella asiatica adalah tanaman yang kalau di Indonesia dikenal dengan nama daun pegagan. Sejak dulu, centella asiatica menjadi salah satu tanaman yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit pada kulit. Selain itu, kalau kamu membeli produk skincare Korea dan menemukan kalimat cica itu adalah singkatan dari centella asiatica. Nah, sebenernya apa saja manfaat dari centella asiatica? Bela, ini 7 manfaat centella asiatica bagi kulit!

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitallure.com

Kalau produk skincare kamu salah satu kandunganya adalah centella asiatica, berarti skincare kamu memiliki kemampuan melembapkan kulit. Centella asiatica dapat membantu untuk memproduksi minyak alami pada kulit serta kandungan saponin pada centella asiatica dapat membantu mempertahankan kadar air pada kulit. Kulit yang kelembapannya terjaga, biasanya jarang terkena berbagai masalah seperti gatal atau kemerahan.

2. Menenangkan Kulit

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitbyrdie.com

Saponin yang terkandung pada daun centella asiatica ternyata memiliki manfaat lain yaitu dapat membantu meredakan iritasi kulit akibat tersengat sinar matahari atau terkena produk skincare yang irritant. Cara kerja dari zat ini pun adalah dengan menghambat sel-sel yang dapat memicu peradangan pada kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitbustle.com

Centella asiatica ternyata adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Oleh karena itu, centella asiatica mampu membantuk mengatasi kerusakan kulit yang dalam jangka waktu panjang pun akan menghasilkan kerutan, hiperpigmentasi pada permukaan kulit. Dua hasil kerusakan kulit tersebut juga disebut tanda penuaan.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitwww.projectvanity.com

Ini adalah salah satu alasan kenapa saat ini banyak skincare untuk kulit berjerawat menggunakan kandungan centella asiatica. Ternyata, kandungan terpenoid pada daun Centella asiatica ini dapat membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Nah, kalau kamu saat ini memiliki jerawat yang meradang cobain skincare dengan kandungan centella asiatica deh pasti jerawat menjadi lebih cepat sembuh!

5. Bikin Kulit Lebih Glowing

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitwww.thegeneralpost.com

Kok bisa sih kulit jadi lebih glowing dengan kandungan Centella asiatica? Bisa dong, jadi Centella asiatica ternyata dapat membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit yang membuat kulit terlihat lebih kenyal dan sehat. Pasti kamu pengen kan punya kulit glowing!

6. Mampu Menenangkan Jerawat Meradang

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitkoreanskincaretips.com

Centella asiatica mampu menenangkan kulit yang sedang berjerawat. Tapi jangan salah kaprah ya, Bela! Centella asiatica mungkin memiliki fungsi anti inflamasi serta anti bakteri, tetapi jangan berharap satu hari saja jerawat meradangmu langsung hilang karena menggunakan skincare dengan kandungan centella asiatica ya, semua tetap butuh proses.

7. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Lagi Ngetren, Ini 7 Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulitsteemit.com

Selain bermanfaat langsung pada kulit, centella asiatica juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Nah, lalu memang kenapa? Kalau peredaran darahmu lancar pastinya kulit juga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara tepat sehingga kulit kamu tetap sehat. 

Bela, itu tadi adalah 7 manfaat centella asiatica bagi kulit. Tertarik mencoba skincare dengan kandungan centella asiatica nggak nih?