Banyak hal yang menyebabkan kulit pada bagian tumit pecah-pecah, salah satunya adalah perubahan cuaca ekstrem. Selain mengganggu penampilan bagian kaki, apabila tumit pecah-pecah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan luka saat menggunakan alas kaki. Tentu tidak ingin dong mengalami hal ini?

Buat kamu yang mungkin mengalami tumit pecah-pecah, ini sudah saatnya untuk merawat kulit bagian kaki. Simak lima cara untuk mencegah tumit pecah-pecah yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kaki

Cegah Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Cara di Ini!bebeautiful.in

Perubahan cuaca ekstrem misalkan dari panas ke dingin, dapat membuat kulit lebih mudah pecah-pecah khususnya di bagian tumit. Untuk menjaga kelembapan kulit karena perubahan cuaca yang ekstrem, pastikan kamu menggunakan body lotion. Nah untuk bagian tumit, kamu bisa menggunakan foot cream yang juga dapat menutrisi kulit sehingga pada bagian tersebut tidak kering dan pecah-pecah.

2. Eksfoliasi Kulit Kaki

Cegah Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Cara di Ini!healthline.com

Mecegah tumit pecah-pecah dapat dilakukan dengan cara rutin melakukan eksfoliasi pada kulit bagian tersebut. Tetapi perlu diperhatikan bahwa melakukan eksfoliasi tidak diperbolehkan saat kulit kering karena bisa membuat luka. Oleh karena itu pastikan sebelum melakukan eksfoliasi kamu merendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat guna membuat kulit lebih rileks dan juga lembut.

3. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Cegah Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Cara di Ini!medicalnewstoday.com

Tidak hanya memberikan relaksasi, ternyata merendam kaki juga dapat membuat kulit kaki menjadi lembut dan halus. Saat merendam kaki, pastikan kamu menggunakan suhu air karena semakin panas malah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kaki. Untuk memberikan kelembapan ekstra, saat melakukan rendam kaki kamu bisa menambahkan bath salt atau essential oil di dalamnya.

4. Menggunakan Produk Treatment Ekstra

Cegah Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Cara di Ini!diyprojects.com

Tidak hanya wajah, ternyata kulit kaki juga butuh perawatan ekstra. Khususnya bagi kamu yang memiliki kulit tumit pecah-pecah kamu bisa menggunakan foot mask untuk perawatan ekstra. Tidak hanya dapat membantu melembapkan, ternyata ada beberapa foot mask yang juga dapat membantu proses eksfoliasi kulit di bagian tersebut.

5. Menggunakan Alas Kaki dengan Bantalan yang Nyaman

Cegah Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Cara di Ini!healthline.com

Bantalan pada alas kaki yang keras bisa membuat gesekan atau tekanan pada bagian kaki khususnya tumit. Hal ini dapat menyebabkan tumit pecah-pecah hingga kapalan. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih alas kaki yang memiliki bantalan nyaman dan juga tidak keras untuk mencegah tumit pecah-pecah ya, Bela!