Waktu masih remaja munculnya jerawat memang menjadi salah satu tanda kalau kita sedang melalui masa pubertas. Tapi bagaimana saat kita sudah menginjak umur 20-an? Nah, selain bikin kita kurang percaya diri dengan penampilan, banyak yang mengaitkan munculnya jerawat sebagai indikasi bahwa tubuh sedang nggak fit nih. Nah, kali ini Popbela.com mau mengulas nih beberapa penyebab jerawat bisa muncul di area-area kulit wajah tertentu. 

Kira-kira informasi yang selama ini beredar mitos atau fakta ya? Simak ulasannya berikut ini yuk, Bela!

1. Jerawat di area pipi

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Shutterstock/aslysun

Jerawat yang muncul di pipi seringkali disebabkan karena kita seringkali menyentuh bagian ini dengan tangan atau benda lainnya yang kotor. Setelah membaca ini, coba deh Bela, pastikan alat-alat makeup kamu dalam kondisi yang bersih dan steril sebelum digunakan untuk wajah. 

Oh iya, karena sekarang kita sedang sering menggunakan masker, pastikan juga kamu sudah mengganti masker beberapa jam sekali. Masker yang lembab dan kotor dapat menjadi penyebab munculnya jerawat yang saat ini sering kali disebut maskne (mask acne).

2. Jerawat di area sekitar garis rambut

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Shutterstock/LarsZ

Waktu lagi menyisir rambut tiba-tiba terasa perih di sekitar garis rambut? Oops! Jerawat juga bisa muncul di sekitar garis rambut lho, Bela! Umumnya ini terjadi karena ada produk perawatan rambut yang nggak cocok nih di kamu.

Selain karena nggak cocok, ini juga bisa disebabkan karena ada hair care yang masih tertinggal, jadi pastikan kamu selalu membilas rambut dan kulit kepala hingga benar-benar bersih ya. Nggak mau ‘kan perawatan yang kamu lakukan justru mengundang masalah baru?

3. Jerawat di area hidung

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Shutterstock/boyloso

Siapa sih yang nggak pusing kalau sudah jerawat di area yang satu ini. Apalagi area hidung adalah area yang paling terekspos saat kita sedang bertemu dengan orang. Ternyata ada penyebabnya lho kenapa jerawat di area hidung bisa muncul. Pori-pori di bagian hidung bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan daerah lainnya.

Proses membersihkan wajah yang kurang sempurna dapat membuat sisa riasan yang terperangkap di pori-pori menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. Selalu bersihkan wajah sampai secara optimal ya, Bela!

4. Jerawat di area dahi

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Shutterstock/aslysun

Buat yang sering jerawat di daerah dahi sudah cek lagi belum kebersihan barang-barang yang sering kamu gunakan di kepala? Seperti topi, hijab, atau bandana. Apakah sudah bersih dan selalu diganti secara rutin? Kalau belum, ini nih yang jadi penyebab jerawat muncul di area dahi.

Kondisi barang-barang yang kotor dan lembab ini akan kembali tercampur dengan keringatmu dan saat kembali digunakan dan mengenai area dahi. Nggak mau ini terjadi ‘kan? Selalu rutin jaga kebersihan fashion item yang kamu gunakan ya!

5. Jerawat di antara alis

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Shutterstock/aslysun

Area alis memiliki folikel tempat tumbuhnya rambut alis yang dapat dengan mudah tersumbat. Nah, di setiap folikel ini terdapat kelenjar minyak yang dapat menghasilkan sebum. Sebum inilah yang seringkali menjebak kulit mati dan bakteri yang nantinya dapat mengakibatkan jerawat. Berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut dan wajah penting nih buat menjaga kulit bebas dari jerawat yang muncul di area alis. Yang terpenting jangan panik ya, karena jerawat di area ini bisa diatasi kok, asalkan kamu selalu jeli dalam memilih produk perawatan sekaligus selalu menjaga kebersihan aplikator makeup kamu.

Terus bagaimana caranya agar kita bisa bebas dari jerawat? Pertama kamu harus mencegah terjadinya penyumbatan folikel dengan memperbaiki pola keratinisasi folikel, menurunkan produksi sebum dan menurunkan populasi P.acnes. Kedua mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh jerawat dan terakhir memilih produk yang aman untuk kulit cenderung berjerawat dengan memilih produk yang nggak menginduksi/mendorong pembentukan mikrokomedo dan acne seperti rangkaian perawatan kulit dari ERHA AcneAct Witch Hazel Series yang cocok digunakan sehari-hari.

Jerawat Sering Muncul di 5 Bagian Ini Ada Artinya, Mitos atau Fakta? Popbela.com/ERHA

ERHA AcneAct Witch Hazel Series mengandung ekstrak Witch Hazel yang formulanya dapat mengandung tanin sebagai agen anti-inflamasi dan astringen. Ekstrak Witch Hazel ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, memperbaiki kulit yang rusak, dan melawan bakteri lho, Bela. Nah, rangkaian ERHA AcneAct Witch Hazel Series ini lengkap banget karena sudah terdiri dari facial wash, acne blemish toner, pore minimizing toner dan acne calming gel. Lengkap banget kan, Bela? Nah, kalau masih penasaran sama rangkaian ERHA AcneAct Witch Hazel Series ini, langsung klik di sini yuk untuk tahu informasi selengkapnya!

Nah, itu tadi beberapa penyebab jerawat sering muncul di area tertentu. Jadi jangan sampai percaya mitos dan selalu jaga kebersihan barang-barang pribadi ya, Bela! (CSC)