Luka merupakan rusaknya sebagian jaringan pada tubuh akibat adanya trauma dari benda tajam, zat kimia atau gigitan hewan, disertai adanya pembekuan darah saat terjadi trauma untuk mencegah keluarnya darah yang banyak. Dalam proses penyembuhan luka terjadi menjadi 3 fase, yaitu fase inflamasi, fase proloferasi dan fase maturasi.

Membekas atau tidaknya luka bergantung pada jenis luka yang dialami, termasuk pada kedalaman luka dan bentuk perawatan yang dilakukan untuk menyembuhkan luka tersebut. Kadangkala ada saja bekas luka yang sulit untuk menghilang sendiri dan membekas, simak penjelasan cara ampuh untuk menghilangkan bekas luka dengan bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan krim penghilang bekas luka

Cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan krim penghilang bekas luka. Penggunaan krim penghilang bekas luka memiliki dua jenis krim yang berbeda, yaitu tanning cream dan bleaching cream.

Tanning cream merupakan jenis krim penghilang bekas luka digunakan pada bekas luka yang memiliki warna lebih terang dari kulit kamu, sedangkan bleaching cream merupakan krim yang memiliki fungsi sebaliknya, yaitu untuk memudarkan bekas luka yang menghitam. Penggunaan krim bekas luka ini harus mengikuti aturan dan sesuai rekomendasi dokter.

2. Cangkok kulit (skin graft)

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan melakukan cangkok kulit. Cangkok kulit biasanya dilakukan pada bekas luka yang cukup besar misalnya disebabkan oleh adanya luka bakar. Teknik ini dilakukan dengan cara menanamkan kulit sehat yang diambil dari bagian tubuh lain ke area bekas luka yang diperbaiki.

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami greatist.com

3. Terapi laser

Bekas luka yang menghitam dapat diatasi dengan melakukan terapi laser. Teknik ini menerapkan sinar laser pada bekas luka dengan mengurangi endapan pigmen yang terdapat pada bekas luka tanpa menghilangkan lapisan di atasnya.

Terapi ini tidak cukup dilakukan sekali, harus mendapatkan terapi berulangkali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Vitamin E

Vitamin E dipercaya juga mampu menghilangkan bekas luka, selain fungsinya yang digunakan untuk melindungi sel dari radikal bebas. Dengan cara ini yaitu menggunakan vitamin E mampu mempercepat waktu penyembuhan dan pemulihan dari bekas luka serta menghilangkan pigmentasi pada bekas luka.

5. Suntikan kortikosteroid

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyuntikan kortikosteroid untuk menghilangkan bekas luka. Teknik ini dilakukan dengan cara menyuntikan kortikosteroid kepada bekas luka. 

Menghilangkan bekas luka dengan suntikan kortikosteroid tidak bisa dilakukan hanya sekali saja, dibutuhkan suntikan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

6. Menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami

Selain menggunakan 5 cara di atas, terdapat bahan-bahan alami berikut yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka.

Lidah Buaya

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami Dok. Mane Addicts

Sudah dari lama, lidah buaya dipercaya mampu memudarkan bahkan menghilangkan bekas luka secara alami jika digunakan secara teratur. Lidah buaya dapat meningkatkan kelembapan pada bekas kulit sehingga mampu mempercepat penyembuhan.

Cuka Apel

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami Pixabay.com/Rawpixel

Bahan alami yang dipercaya untuk perawatan topikal yaitu cuka apel yang mampu menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya yaitu dengan melarukan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudia oleskan bekas luka menggunakan kapas yang sudah dicelupkan cuka apel.

Madu

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami irishtimes.com

Selain manfaatnya untuk kesehatan, madu juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu ke area permukaan bekas luka, kemudian tutup bekas luka yang telah dioleskan agar meresap dengan sempurna sebelum tidur dan biarkan hingga pagi hari kemudian bilas menggunakan air.

Kentang

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami Pixabay.com

Meskipun tidak terlalu populer dibandingkan dengan bahan alami lainnya, namun kentang yang merupakan termasuk pada jenis umbi-umbuan dipercaya efektif dalam memudarkan bekas luka pada kulit. 

Pemakaian kentang ini dilakukan dengan cara mengiris kentang pada ketebalan sedang, kemudian oleskan pada bekas luka dengan cara memutar selama 20 menit, jika kentang sudah mengering maka ganti kentang dengan yang baru dan masih mengandung air.

Minyak Kelapa

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami medicalnewstoday.com

Minyak kelapa juga dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, dengan cara mengoleskan minya pada area bekas luka dan kemudian pijat dengan mengulangi 2-4 kali dalam sehari.

Lemon

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami Thelocalpalate.com

Vitamin C yang terkandung pada lemon ini mampu memberikan manfaat untuk menghilangkan bekas luka apabila digunakan secara rutin. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan bekas luka menggunakan air perasan lemon dan kemudian pijat bekas luka tersebut selama beberapa menit, dengan mengulanginya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Tea Tree Oil

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami thebodyshop.com

Selain ampuh dalam menghilangkan jerawat membandel pada wajah, tea tree oil ternyata juga ampuh memudarkan luka yang membekas pada kulit. Tea tree oil ini mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang mampu memicu pertumbuhan sel-sel baru pada jaringan kulit yang sudah mati.

Luka yang membekas atau tidaknya bergantung pada jenis dan kedalaman trauma yang terjadi. Kerap kali bekas luka akan menjadi hal yang tidak sedap dipandang dan berusaha dihilangkan.

Meskipun cara alami tersebut dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, namun ada baiknya untuk memperhatikan dampak yang diberikan pada pemakaian obat krim penghilang luka.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat, Sudah Tahu Bedanya?