Menggunakan clay mask sebagai dari ritual perawatan mingguan akan mendapat banyak manfaat untuk kulit. Clay mask sendiri sangat bagus untuk membantu mengatasi permasalah kulit, seperti komedo atau penumpukan sebum.

Jadi, apakah kamu sudah mempelajari dan menerapkan penggunaan clay mask dengan benar? Nah, mungkin beberapa kesalahan bisa saja terjadi, sehingga menghalangi kamu untuk mendapatkan manfaat serta hasil yang maksimal.

Berikut 6 kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan clay mask.

1. Tidak Mengaplikasikan Clay Mask Pada Wajah yang Kotor

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskgoogle.com/boots.ie

Pastikan untuk menjaga kondisi kulitmu. Selalu gunakan clay mask pada kulit yang bersih dan dalam kondisi kering. Hal ini memungkinkan bahan aktif mudah untuk meresap pada kulit secara efektif.

2. Terlalu Banyak Mengoleskan Clay Mask ke Wajah

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskpexels.com/IvanSamkov

Gunakan clay mask sesuai kebutuhan, jangan terlalu tebal karena akan menghambat penyerapan formulasi yang terkandung dalam masker. Jika terlanjur menggunakan clay mask secara berlebihan, kamu bisa mengoleskan pada bagian tubuh lainnya seperti leher atau tangan.

3. Memakai Clay Mask Terlalu Lama

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskpexels.com/ShinyDiamond

Saat mengapikasikan clay mask pada wajah, kamu juga harus memperhatikan berapa lama waktu pemakaiannya. Pastikan untuk menghapus atau membilas clay mask saat masih ada beberapa bagian yang basah dan belum benar-benar kering atau mengelupas. Jika membiarkannya terlalu lama akan menyebabkan kekeringan dan iritasi.

4. Lupa Untuk Melembapkan

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskfreepik.com/jcomp

Setelah kamu menyelesaikan sesi perawatan clay mask. Baiknya untuk memberikan semprotan toner atau krim pelembap untuk menghindari kulit kering.

5. Tidak Menggunakan Secara Konsisten

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskfreepik.com/jcomp

Perawatan kulit itu seperti diet, harus menginvestasikan waktu dan tenaga untuk melihat hasilnya. Hal ini juga berlaku untuk perawatan kulit. Mulailah dengan mengoleskan clay mask seminggu sekali. Kemudian tingkatkan pemakaian menjadi dua kali bahkan tiga kali seminggu (terutama untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi).

6. Tidak Menyesuaikan dengan Jenis Kulit

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Clay Maskfreepik.com/user18526052

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, clay mask harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kulit. Misalnya, kamu hanya menargetkan pada zona-t (yang cenderung berminyak). Maka kamu harus mengaplikasikan clay mask pada daerah hidung, dahi, dan dagu saja. Hal tersebut diperlukan guna mengurangi kemungkinan bagian wajah yang lain menjadi terlalu kering.