Buat kamu para beauty enthusiast, pasti sudah tak asing saat mendengar kata paraben bukan? Jenis kandungan yang sering disebut sebagai bahan berbahaya pada kosmetik ini tentunya membuat banyak orang khawatir saat akan memilih produk dan tentunya langsung menghindari kandungan yang satu ini. Namun, sebenarnya paraben itu sendiri apa sih? Dan apakah benar-benar dapat membahayakan kulit? Yuk, biar nggak salah mengerti, berikut pengertian dan jenis paraben yang berbahaya!

Apa itu paraben?

Sering Ditemukan Pada Skincare, Ini Jenis Paraben yang Berbahayadermstore.com

Buat kamu yang belum tahu apa itu paraben, paraben adalah asam yang terdapat pada buah blackberries yang kemudian diproses menjadi bahan pengawet. Paraben tak hanya terdapat pada pada produk kosmetik, tetapi juga pada obat dan makanan sebagai bahan pengawet untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur pada suatu produk. Banyak yang memilih bahan yang satu ini karena mudah didapat dan juga memiliki harga yang cukup murah. 

Mengapa paraben sangat berbahaya?

Sering Ditemukan Pada Skincare, Ini Jenis Paraben yang Berbahayagoodhousekeeping.com

Beberapa studi mengatakan bahwa bahan yang satu ini memang cukup berbahaya apalagi jika tingkat persenannya pada suatu produk cukup tinggi. Untuk itulah perlunya mengetahui risiko yang disebabkan oleh paraben, di antaranya:

  • Kanker payudara, ketika para peneliti melakukan banyak penelitian, mereka mengatakan bahwa karena paraben dapat meningkatkan hormon estrogen yang bekerja untuk membentuk sel kanker
  • Membuat hormon tidak stabil, ketika kamu menggunakan kosmetik, paraben yang terserap pada kulit tentunya berpengaruh cukup besar pada hormon estrogen-mu. Hormon estrogen memiliki peran dalam mengatur siklus menstruasi pada perempuan dan ketika hormon estrogen meningkat, itu akan menggangu siklus bulananmu.
  • Penuaan dini, ternyata banyak orang yang belum tahu kalau paraben dapat meningkatkan sensitivitas kulitmu terhadap paparan sinar matahari dan kalau kamu menggunakan produk mengandung paraben dalam jangka waktu lama, tanda-tanda penuaan akan langsung muncul pada kulitmu.

Kenali jenis-jenis paraben!

Sering Ditemukan Pada Skincare, Ini Jenis Paraben yang Berbahayamagnuscramer.com

Paraben memang memiliki banyak jenis, namun beberapa jenis di bawah ini yang sering ditemukan pada produk yang kamu gunakan sehari-hari:

  1. Ethylparaben, sebenarnya jenis paraben yang satu ini tergolong aman jika penggunaannya sedikit saja. Ethylparaben sering ditemukan pada produk kosmetik untuk mengontrol pertumbuhan jamur sehingga produk kosmetikmu lebih tahan lama. Namun, pada tahun 2008, studi di Jepang mengatakan jenis paraben yang satu ini dapat membuat kulit wajahmu lebih mudah rusak oleh karena cahaya matahari.
  2. Butylparaben, walau masih aman digunakan dengan konsentrasi 0,05 persen, namun Butylparaben memiliki risiko yang dapat mengiritasi kulitmu terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari kosmetik dengan kandungan yang satu ini ya.
  3. Propylparaben, nah untuk jenis paraben yang satu ini kamu akan menemuinya pada produk kecantikan yang berbahan dasar air karena Propylparaben bersifat mudah larut dalam air.

Apakah produk yang mengandung paraben harus dihindari?

Sering Ditemukan Pada Skincare, Ini Jenis Paraben yang Berbahayafashionfixdaily.com

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah bahan paraben pada produk kecantikan harus dihindari atau tidak, karena di satu sisi bahan yang diklaim berbahaya ini memiliki fungsi yang juga menguntungkan. Sebenarnya, tidak ada larangan khusus untuk menghindari bahan yang satu ini karena ada beberapa produk kecantikan yang menggunakan paraben dalam jumlah yang sedikit. Namun, seiring berkembangnya dunia kecantikan, banyak brand yang menawarkan produk dengan kandungan bahan natural yang lebih aman.

Nah, itu tadi arti dan jenis paraben yang berbahaya. Kalau kamu tak ingin mengambil risiko sebaiknya gunakan produk kecantikan dengan bahan natural saja ya Bela!

Baca Juga: Berpotensi Kanker, 6 Bahan Berbahaya Ini Ada dalam Makeup dan Skincare