Kampanye #IAMREAL yang diusung oleh BeautyFest ASIA 2019 tentunya memberi pengaruh yang sangat besar tidak hanya pada pengunjung yang hadir, tapi juga Influencers yang datang dan mendukung pesan positif yang ada di baliknya. Salah satunya Manny MUA, beauty vlogger asal Amerika Serikat ini bercerita tentang kesulitannya menjadi dirinya sendiri saat baru mau memulai karier sebagai beauty vlogger, apalagi mengingat dirinya adalah seorang laki-laki yang mencintai tata rias dan industri kecantikan.

#BFA2019: Tantangan Besar Manny MUA Menunjukkan #IAMREAL Pada Dunia

“Kesulitanku selama ini adalah saat para brand kecantikan masih memandang aku sebelah mata, terutama sekitar 6 tahun lalu saat tren ‘men with makeup’ belum seperti sekarang. Seakan-akan aku nggak bisa dapat kesempatan karena aku laki-laki, dan hanya perempuan yang bisa. Itu yang jadi hambatan terberat selama ini. Tapi aku nggak menyerah dan membuktikan kalau mereka menganggap aku nggak bisa, aku akan kerja lima kali lebih keras agar mereka nggak memandang aku sebelah mata lagi,” cerita Manny.

Struggle untuk menujukkan true color yang ada di diri Manny juga sebenarnya masih dirasa sampai sekarang, terutama untuk orang-orang yang masih suka mem-bully di video YouTube-nya.

“Aku selalu bilang di videoku, kalau kamu nggak suka nonton ya jangan nonton, dan aku ingin orang-orang yang melihat kontenku bisa jadi diri mereka sendiri, jadi apa yang mereka mau. Dan kalau ada orang yang nggak suka akan hal itu, ya nggak apa-apa. Karena yang terpenting adalah bagaimana kamu merasa nyaman dengan diri kamu dari luar dan dalam,” lanjutnya.

#BFA2019: Tantangan Besar Manny MUA Menunjukkan #IAMREAL Pada Dunia

Manny MUA juga punya pendapat sendiri saat ditanya apa arti #IAMREAL untuk dirinya. Menurutnya, #IAMREAL adalah kebanggaan di mana dirinya sampai saat ini masih sangat otentik karena tidak pernah mengubah apapun di dirinya, misalnya dengan operasi plastik atau semacamnya. Manny pun berpesan kepada orang-orang yang masih belum berani mengejar impiannya karena masih takut untuk mencoba.

“Yang terpenting adalah jangan terlalu overthinking dan terfokus sama apa yang akan orang lain katakan kepada kamu. Fokuslah pada perjalanan yang akan kamu lakukan ke depannya,” tutup Manny.

Baca Juga: #BFA2019: Manny MUA Ungkap Sisi Aslinya di BFA 2019