Hidup menjadi perempuan memang sangat akrab dengan kecantikan. Sebagai perempuan, saya sendiri setuju kalau perempuan itu harus cantik. Namun saya juga nggak melupakan kalau kata sifat ini sangat subjektif dan luas maknanya. Sah-sah saja jika ada orang yang mendefinisikan kecantikan dengan kriterianya masing-masing, dengan riasan atau bentuk tubuh tertentu. Tapi saya juga berhak mengatakan kalau perempuan yang lebih nyaman tampil apa adanya adalah perempuan yang cantik.

Ketika Popbela memutuskan untuk mengusung Natural Beauty sebagai tema kampanye #IAMREAL bulan ini, saya langsung membayangkan seseorang, yang kalau dalam pikiran saya adalah perempuan yang nyaman dengan dirinya sendiri, cantik luar dalam dan membuat orang di sekitarnya senang dengan kehadirannya.

Singkat cerita, saya akhirnya bisa bertemu dengan sosok yang memenuhi kriteria saya. Citra Kirana. Ini memang pertama kalinya saya bertemu dengan Ciki, panggilan akrab Citra. Tapi saya yakin, banyak followers-nya masih satu pemikiran dengan saya kalau Ciki ini punya kecantikan yang alami, iya nggak?

#IAMREAL: Citra Kirana dan Cara Sederhananya untuk Tetap Cantik AlamiPopbela.com/Bona Soetirto

Sesampainya di lokasi pemotretan, saya sempat mewawancarai aktris muda yang saat itu juga siap menghadiri peluncuran filmnya, Asih. Satu hal yang membuat saya begitu penasaran dan nggak sabar untuk bertanya dengan perempuan berambut indah ini adalah bagaimana ia memiliki rasa percaya diri untuk mengunggah fotonya tanpa makeup di akun Instagramnya. Like, how? Ini karena saya merasa nggak banyak perempuan seusianya yang berani melakukan hal serupa. Yup, walau sepele, bisa dibilang itu membutuhkan nyali, lho. Akan ada jutaan pasang mata yang melihat wajah polosnya. Belum lagi, karena Ciki adalah aktris, akan ada banyak media yang menyoroti unggahannya tersebut.

Dengan tawa, Ciki menjawab dengan santai. “Hahaha. Ya sebenarnya, Instagram aku kan kayak daily activity aku aja, kan. Jadi kalau memang aku sehari-hari lagi nggak ada kegiatan dan aku memang bukan tipe orang yang suka makeup banget, ya begitulah. Aku posting apa adanya saja. Aku lagi nggak pakai makeup, aku lagi ngapain, gitu.”

#IAMREAL: Citra Kirana dan Cara Sederhananya untuk Tetap Cantik AlamiPopbela.com/Bona Soetirto

Oke. Saat itu aku masih belum puas. Nyatanya, Ciki memang hanya menggunakan makeup untuk keperluan tertentu. Bisikan kecil “Tapi kamu kan artis” dalam batinku masih berlanjut sampai akhirnya aku sadar, nggak semua artis selalu tampil full makeup di setiap kesempatan atau di setiap foto Instagramnya. Bahkan, orang-orang di sekitarnya justru heran jika melihat Ciki tampil dengan dandanan yang tebal.

Jarang menggunakan makeup bukan berarti Ciki anti dengan riasan. Baginya, ada dua produk kecantikan yang paling ia sukai untuk mendapatkan riasan sehari-hari yang natural, yaitu maskara dan lipstik. Untuk masalah kulit wajah, Ciki mengaku nggak punya kiat khusus untuk merawatnya. Perempuan yang hobi menonton drama Korea ini merasa bersyukur memiliki kulit wajah yang sehat dan normal. “Aku bukan tipe orang yang suka perawatan tiap bulan. Perawatan ada, tapi nggak rutin banget.”

Setiap orang memang memiliki kondisi masing-masing. Ada yang memiliki wajah berminyak atau mudah berjerawat sehingga mengandalkan produk perawatan tertentu. Ada juga yang menginginkan kulit wajah semulus kulit orang Korea dan menggunakan berbagai macam produk mahal untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Namun, sebagian orang kadang melupakan faktor penting dalam mendapatkan kecantikan yang maksimal, yaitu pola hidup sehat.

#IAMREAL: Citra Kirana dan Cara Sederhananya untuk Tetap Cantik AlamiPopbela.com/Bona Soetirto

Selain rajin minum air putih, Ciki juga suka berolahraga. Tanpa pilih-pilih jenis olahraga yang dilakukan, Ciki berusaha menyempatkan diri setiap harinya untuk tetap aktif dan berkeringat. “Aku tipe orang yang coba semua olahraga. Itu juga sangat membantu sih untuk kesehatan. Terus bisa bikin fresh juga, beda banget kalau misalnya aku nggak olahraga dan aku olahraga. Wajah aku keliatan lebih fresh.”

Nggak cuma kecantikan, kesehatan tubuh juga menjadi perhatian Ciki. Selain olahraga, menjaga asupan makanan adalah caranya untuk tetap tampil menarik. Kekasih Ali Syakieb ini mengaku sangat suka makan, namun dirinya juga paham bahwa ia perlu mengontrol nutrisi yang masuk. Ciki mengurangi asupan nasi dan memperbanyak makanan bersih dan sehat seperti buah, protein dan sayur.

Ketika ditanya tentang sosok tercantik dalam hidupnya, Ciki menjawab sang Ibunda. Mungkin di mata kita, Ciki sudah cantik seutuhnya. Namun sebuah hal yang wajar jika seorang perempuan menyadari adanya kekurangan dalam dirinya, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Ciki pun mengaku jika bentuk wajahnya kurang simetris sehingga dirinya punya angle khusus untuk foto. “Aku syukuri saja, sih. Maksudnya kan nggak perlu diubah juga, tapi kita masih bisa tutupi, kita masih bisa menyiasatinya,” jawabnya.

#IAMREAL: Citra Kirana dan Cara Sederhananya untuk Tetap Cantik AlamiPopbela.com/Bona Soetirto

Begitu pula dengan cara Ciki memandang perempuan yang masih sering mengeluhkan kekurangan pada dirinya. “Jangan nggak pede deh, buat apa juga. Harus bersyukur dengan apa yang kita punya saja, apa yang diberikan Allah kepada kita. Allah kan menciptakan manusia ada kekurangan dan kelebihannya juga.”

Pemotretan siang itu berjalan lancar. Dengan baju putih dan senyum yang merekah, Ciki tampak anggun di bawah sinar matahari. Tanpa riasan tebal, tanpa mempermasalahkan kekurangannya. Ciki tahu bahwa menjadi dirinya sendiri dan bersyukur adalah cara terbaiknya untuk tetap cantik.

Photo credit:

Photographer: Bona Soetirto

Makeup & Hair: Archangelachelsea

Stylist: Alia Husin

Fashion Editor: Michael Richards

Asst. Photographer: Ahmad Wahyudi

Asst. Stylist: Scarlett Koswara, Lizda Fathia

Wardrobe: Eureka

Location: Hutan KM5

Baca Juga: #IAMREAL: Gritte Agatha, Nggak Mau Capek dan Ribet Soal Makeup