Punya kulit wajah dengan tipe dry skin, bisa dibilang butuh trik lebih nih saat menggunakan makeup. Pasalnya, kulit dengan tipe ini sering kali membuat makeup terlihat crack atau retak dan nggak rapi. Bagaimanapun usahamu untuk mengakalinya, pasti akan ada deh momen di mana kamu merasa nyerah juga.

Tapi tenang Bela, kali ini Popbela akan bagi-bagi beberapa trik agar makeup kamu tetap terlihat stunning dan tahan lama. Sudah waktunya para cewek dengan dry skin untuk beraksi!

1. Jangan pernah melewatkan pengaplikasian primer dan pelembap

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringShutterstock/FotoDuets

Pelembap adalah kunci dari segala kunci, terlebih untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering. Nggak perlu yang berlebihan, cukup gunakan pelembap yang ringan saja. Efeknya, kulit wajahmu akan terlihat lebih halus.

Selain pelembap, kamu juga harus gunakan primer nih sebelum memulaskan makeup. Salah satu keluhan terbesar adalah ketika foundation atau mungkin bedak yang mendadak ‘retak’ di bagian wajah. Makanya, kamu butuh primer untuk mengikat makeup base-mu tuh Bela.

2. Beralih pada foundation cair dan oil-based

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringShutterstock/Vladamir Gjorgiev

Suka nggak pede kalau belum pakai foundation? Go ahead babe, tapi disarankan pakai foundation bertekstur cair ya. Kenapa? Soalnya, ini diklaim bisa menjaga kelembapan kulit wajahmu yang kering. Supaya makin lengkap, kamu pilih foundation yang oil-based ya. Itu yang kamu butuhkan, jadi nanti hasilnya bisa tetap on point deh.

3. Gunakan cushion yang formulanya mampu melembapkan kulit

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringShutterstock/metamorworks

Punya kulit wajah yang kering, terkadang mengharuskanmu untuk ekstra sabar nih menangani pulasan makeup. Tapi sebenarnya kamu bisa kok cari ‘jalan ninjanya’ untuk masalah kulit kering, misalnya dengan memilih produk makeup yang memiliki formula untuk melembapkan.

Kalau masih belum tau produk apa yang bisa melembapkan, Popbela belakangan ini lagi melirik Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion nih, Bela. Kamu pasti juga tahu ‘kan kalau di Indonesia sendiri belum terlalu banyak produk complexion yang memang secara khusus diperuntukkan bagi si kulit kering. Nah, untungnya cushion ini bisa cocok dan jadi solusi permasalahan kulit kering saat mengaplikasikan complexion.

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringDok. Make Over

Lebih tenangnya lagi, Hydrastay Cushion ini memiliki coverage medium to-full lho, lengkap dengan kandungan SoftFocus Agent yang bisa menyamarkan pori-pori, garis halus sekaligus meratakan tekstur kulit sehingga tampilan terlihat seamless. Oh ya, cushion ini non-comedogenic, alcohol-free, dan ada kandungan SPF 50++.

Paket lengkap deh pokoknya! Apalagi, wajah jadi akan terlihat lembap bahkan kulit wajahmu akan tetap terhidrasi selama 24 jam. Coba deh!

4. Gunakan bedak yang juga mampu menghidrasi kulit

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringShutterstock/margostock

Semua pasti butuh bedak, tapi ada yang wajib diperhatikan nih kalau kamu punya masalah dengan kulit kering. Kamu disarankan pilih loose powder supaya makeup bisa tahan lama dan meninggalkan kesan lembap. Soalnya, loose powder ini memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan jenis lainnya.

Seperti Make Over Hydrastay Radiant Finishing Powder nih, yang punya formula non-drying demi menjaga kulit supaya nggak flaky, bahkan pada kulit kering sekalipun. Selain mengandung Deep Hydrating Actives, bedak ini juga mengandung Light-Diffusing Particles yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, garis halus, serta memberi kesan smooth yang sehat. Ini juga mengandung alcohol-free, non-comedogenic dan dermatologically tested lho!

Oh ya, Make Over Hydrastay Radiant Finishing Powder tersedia dalam satu shade dengan warna translucent, yang didesain supaya dapat menyatu dengan sempurna dengan berbagai skin tone, memberikan tampilan hasil seperti second-skin. Bisa kamu dapatkan secara eksklusif di e-commerce favoritmu, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Sociolla dan Offline Store Make Over.

5. Akhiri makeup dengan setting spray

Anti Crack! Makeup Items Wajib Buat Kamu yang Punya Kulit KeringShutterstock/New Africa

Meski ini ada di bagian akhir, ini juga jangan kamu lupakan ya. Gunakan setting spray! Yap, ini berguna untuk membuat hasil makeup kamu tampak sempurna dan juga tahan lama dong tentunya. Harapannya sih, biar hasil makeup jadi matte. Tapi lagi-lagi, kamu harus teliti nih memilih kandungannya.

Semua pasti ada solusinya ‘kan? (CSC)