Jika sebelumnya  #IAMREAL membahas seputar "Entrepreneur", untuk di bulan ini Popbela memutuskan mengusung tema "Natural Beauty". Yup, mendengar, issue tersebut tentunya identik dengan 2 kata yakni perempuan dan kecantikan. Makna cantik itu sendiri luas. Menurut saya, cantik nggak hanya digambarkan sebagai sosok dengan tubuh yang langsing atau warna kulit yang putih. Melainkan, perempuan pintar dan memiliki hati yang tulus adalah perempuan yang cantik. 

Dalam issue natural beauty ini saya mendapat kesempatan untuk mewawancari Anggika Bolsterli. Bagi sebagaian orang tentunya sudah tak asing lagi dengan aktris yang satu ini? Perempuan kelahiran 21 Juni 1995 ini dikenal lewat kehandalannya dalam berakting, salah satu film layar lebar yang dirinya perankan ialah Critical Elevan di tahun 2017 lalu dan baru-baru ini film Belok Kanan Barcelona. 

Ketika ditemui saat sesi pemotretan #IAMREAL beberapa pekan lalu, Anggika cukup banyak berbagi cerita kepada saya. Mulai dari pandangan dirinya terhadap makna kecantikan, rutinitas skincare alami yang dipakainya, hingga terkahir dirinya menutup obrolan dengan sedikit pesan buat yang suka merasa tidak percaya diri dan insecure. 

Makna "cantik" di mata Anggika

#IAMREAL: Anggika Bolsterli, Percaya Diri Jadi Kunci dari KecantikanPopbela.com/Bona Soetirto

Hal pertama kali saya tanyakan kepada Anggika di sesi wawancara ini adalah, definisi cantik menurut Anggika itu seperti apa? Karena pastinya setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda dengan hal tersebut. Bagaimana dengan dirinya?

"Menurut saya 'cantik' merupakan kombinasi dari beauty, brains, behavior. Jika  kita memiliki attitude yang baik serta pengetahuan yang luas sangatlah penting. Sehingga makna cantik itu bisa dilihat dari berbagai aspek, all our imperfections can be turned into something one of a kind."

Sebagian sebagian orang Indonesia mendefiniskan perempuan cantik hanya dilihat dari fisik. Betul bukan, Bela? Menanggapi hal tersebut Anggika merasa sedih, menurutnya perempuan terlihat cantik dengan menjadi dirinya sendiri. Perempuan berkulit sawo, memiliki bentuk tubuh yang curvy, atau pun rambut hitam dengan tekstur yang curly menurutnya sangatlah indah. "Sejujurnya semua perempuan bule pun menginginkan warna kulit serta bentuk tubuh seperti itu," Ucap perempuan yang memiliki personality ramah tersebut. 

Awal cerita mengenali "makeup" hingga rutinitas skincare dengan bahan-bahan alami

#IAMREAL: Anggika Bolsterli, Percaya Diri Jadi Kunci dari KecantikanPopbela.com/Bona Soetirto

Saat ini bisa dibilang penggunaan makeup tak mengenal usia, kira-kira untuk Anggika sendiri mulai mengenali dunia makeup di usia berapakah?

"Hmm mulai mengetahui makeup di usia 12 tahun. Saya melihat ibu saya nampak cantik dengan riasan di wajahnya. Akhirnya produk makeup yang pertama kali saya gunakan adalah bedak tabur dan maskara. Hingga kini bedak tabur, maskara serta blush on merupakan produk kecantikan yang saya pakai."

Di zaman yang serba modern ini, Anggika mengaku masih cukup sering menggunakan bahan-bahan alami yang dirinya jadikan sebagai skincare untuk merawat wajahnya. "Saya membuat masker dari tomat dan gula untuk wajah, sedangkan untuk rambut saya menggunakan bahan alami lidah buaya. Melalui pemakaian masker alami secara rutin rambut saya menjadi selalu sehat," Jelasnya.

Disela-sela wawancara yang berlangsung di kawasan ciputat, Tangerang Selatan tepatnya pada pukul 11.00 WIB saya bertanya definini 'natural makeup' seperti apa?

 "Definisi makeup natural adalah 'no-makeup makeup look'. Sebenarnya untuk sehari-hari aku lebih suka dengan riasan seperti ini. its when I lightly highlight and enchance my features. A little goes a long way." 

Kecantikan terpancar dari 2 faktor, percaya diri & bersyukur

#IAMREAL: Anggika Bolsterli, Percaya Diri Jadi Kunci dari KecantikanPopbela.com/Bona Soetirto

Terakhir, sebelum menutup wawancara Anggika memberikan sedikit pesan buat para millennials yang sering merasa insecure dan tidak percaya diri

"You are beautiful the way you are, being perfect is an illusion. Definisi cantik itu nggak hanya dilihat dari wajah atau fisik lainnya, melainkan dari dalam hati. Memiliki sikap rendah hati, percaya diri, serta humble bagi saya lebih penting. 1 hal yang perlu kamu tahu, wajah dan bentuk tubuhmu merupakan warisan dari leluhurmu. YOU are miracle! Be grateful," Tutup Anggika sambil tersenyum.

So, menyimpulkan hasil wawancara saya dengan Anggika bahwa menjadi diri kamu sendiri dan bersyukur merupakan kunci utama dari 'kecantikan'. Stop comparing yourself with others and love yourself, Bela!

Photo Credit:

Photographer: Bona Soetirto

Makeup & Hair: Archangelachelsea

Stylist: Alia Husin

Fashion Editor: Michael Richards

Asst. Photographer: Ahmad Wahyudi

Asst. Stylist: Scarlett Koswara, Lizda Fathia

Wardrobe: Mango

Baca Juga: #IAMREAL: Asmara Abigail Sindir Standar Cantik & Rahasia Kulit Eksotis