Bela, tentu setiap perempuan ingin menjadi cantik. Namun, untuk membuatmu merasa istimewa dan menakjubkan butuh lebih dari sekadar penampilan saja. Ada faktor-faktor lain yang akan membuatmu terlihat cantik seutuhnya. Hal ini membutuhkan sebuah pemahaman yang  tepat dan itu dimulai dengan  mengenal sosok dirimu sebenarnya.

Tanpa disadari, sejak dulu kita selalu 'disesatkan' tentang pengertian cantik dengan gambaran-gambaran akan sosok perempuan berkulit putih mulus, tinggi, bertubuh langsing, berhidung mancung, berambut panjang dan lain-lain. Pemahaman seperti inilah yang membuat semua perempuan lupa untuk mencintai dirinya sendiri. Entah kamu merasakan hal yang sama seperti itu atau nggak? tapi aku termasuk salah satu ‘korban sesatnya.’  

Well, let’s be real Bela. Setiap orang memiliki kisahnya untuk menghadapi tantangan dan berani mengekspresikan dirinya. Di sini, aku pun ingin berbagi dan mengajakmu untuk bisa tampil percaya diri tanpa malu menunjukkan dirimu yang sebenarnya. 

Hei Perempuan! Berhentilah Membandingkan Dirimu dan Jadilah Cantik dengan Caramu Sendiri
 

Menjadi diri sendiri memang nggak mudah tapi masih bisa diusahakan Bela. Semuanya harus diawali dengan mencintai diri sendiri. Tetapi untuk bisa mencintai diri sendiri, kita harus bisa menerima dan menghargai diri sendiri secara fisik maupun emosional. Ibuku sering mengatakan hal ini kepadaku, “Sosok yang bisa membuatmu merasa cantik, ya dirimu sendiri.” Awalnya sih aku merasa skeptis dengan perkataan ibuku tersebut. Tapi akhirnya aku sadar, jika aku nggak memulainya dari diriku sendiri maka sampai kapanpun aku nggak akan pernah merasa cantik. Jadi itulah mengapa pentingnya untuk bisa menerima dirimu sendiri terlebih dahulu, Bela.

Hei Perempuan! Berhentilah Membandingkan Dirimu dan Jadilah Cantik dengan Caramu Sendiri
 

Let me be transparent. Jika bukan karena pekerjaanku, aku nggak akan pernah menjadi sosok perempuan yang percaya diri seperti sekarang ini. Aku berkulit gelap, bermata besar, dan memiliki tinggi tubuh yang pas-pasan. Sejak masa sekolah hingga kuliah, aku sangat nggak percaya diri dengan penampilanku tersebut. Namun, saat aku mulai bekerja, aku memutuskan untuk melakukan sedikit perubahan pada penampilanku. Aku memulainya dengan memotong rambutku dan ternyata banyak orang yang menyukainya. Hal ini memberikanku kepercayaan diri dan keberanian untuk mengeksplorasi hal baru lainnya. Small steps make a big difference, right?

Hei Perempuan! Berhentilah Membandingkan Dirimu dan Jadilah Cantik dengan Caramu Sendiri
 

Untuk berani mengekspresikan diri, kamu perlu merasa nyaman dengan dirimu dulu. Of course it takes times! Aku pun butuh waktu yang lama untuk bisa merasa nyaman mengenakan pakaian berlengan pendek atau sleeveless karena malu dengan tanda lahir di lengan kananku. Aku mulai merasa nyaman saat aku membaca sebuah ungkapan dari Coco Chanel yang menyatakan, “Beauty begins the moment you decide to be yourself.” Ungkapan ini membuatku sadar bahwa orang-orang sekitarku bahkan para publik figur yang sering aku lihat di televisi maupun media sosial juga memilliki kekurangan. Mereka bahkan menunjukkannya dengan percaya diri dan tetap merasa nyaman. Lalu kenapa aku harus malu?

So, Bela semoga ulasan ini bisa menginspirasimu dan aku berharap mulai dari sekarang berhentilah membandingkan dirimu karena kamu bisa terlihat cantik dengan caramu sendiri.

BACA JUGA: Bagiku, Inilah Makna Perempuan Kuat di Tengah Kejamnya Pelecehan Seksual