Penyuka makeup pasti nggak asing dengan istilah contouring, ya? Jika baru mendengarnya, contouring merupakan teknik untuk membentuk dan mempertegas struktur wajah atau tubuh. 

Fungsi contouring sama seperti yang dijelaskan dalam definisinya, adalah untuk membuat wajah nampak lebih tegas atau terstruktur, serta menonjolkan fitur wajah atau tubuh. Sedangkan highlight bertujuan untuk menonjolkan atau memperjelas area wajah yang ingin ditonjolkan.

Contouring biasanya menggunakan produk khusus dengan tone warna warm atau cool, yang lebih gelap dari warna wajah. Kemudian, kamu mengaplikasikan warna yang lebih terang pada bagian wajah tertentu untuk menonjolkan area wajah itu. Namun, bagaimana cara contouring yang tepat? Melansir dari Cosmopolitan, ini cara contouring sesuai bentuk wajah!

1. Contour wajah bentuk hati

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmucosmopolitan.com

Aplikasikan produk contour pada sisi kening dan pelipis untuk membentuk struktur wajah agar seimbang antara bagian atas dan bagian bawah wajah. Kemudian aplikasikan contour tepat di bawah tulang pipi, dimulai dari telinga sampai ke bagian tengah pipi. Terakhir, aplikasikan contour pada ujung dagu.

Sedangkan untuk highlight, aplikasikan produk tersebut pada bagian bawah mata dengan membentuk segitiga terbalik untuk mencerahkan area itu (gunakan highlighter jenis cream dan matte). Kemudian, aplikasikan highlighter pada bagian tengah keing dan bagian tengah dagu.

2. Contour wajah bentuk bulat

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmucosmopolitan.com

Ulaskan contour pada bagian sisi kening dan sepanjang pelipis. Lalu, aplikasikan contour pada bagian bawah tulang pipi, dimulai dari telinga sampai ke bagian tengah pipi, dan mengarah ke bagian tulang rahang.

Kemudian, aplikasikan highlight pada bagian tengah kening dan bagian tengah dagu. Juga, aplikasikan highlighter pada bagian bawah mata untuk mencerahkan area itu.

3. Contour wajah bentuk kotak

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmucosmopolitan.com

Nggak ada yang beda antara teknik contour wajah bentuk kotak dengan wajah bentuk lainnya. Aplikasikan contour pada bagian sisi kening dan di bawah tulang pipi. Juga, aplikasikan di bawah tulang rahang.

Sama seperti teknik highlighting pada bentuk wajah lainnya, aplikasikan highlight pada bagian tengah kening dan dagu, serta pada bagian bawah mata.

4. Contour wajah bentuk persegi panjang

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmucosmopolitan.com

Pada wajah yang berbentuk persegi panjang, aplikasikan contour sepanjang garis rambut dan pada bagian sisi kening. Lalu, aplikasikan tepat di bawah tulang pipi serta di bawah tulang rahang.

Sedangkan untuk highlighting, aplikasikan higlight pada bagian tengah dagu, area bawah mata, serta tulang alis.

5. Contour wajah bentuk oval

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmu

Teknik contour untuk wajah bentuk oval adalah aplikasikan produk pada bagian sisi kening serta di bawah tulang pipi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan bentuk sisi wajah yang lebih terdefinisi.

Lalu, aplikasikan highlight pada bagian tengah kening dan dagu, bagian bawah mata, serta pada tulang alis untuk menonjolkan area-area tersebut.

6. Contour wajah bentuk oblong

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmu

Oblong juga dikenal dengan bentuk wajah yang panjang. Untuk contour pada wajah ini, ulaskan contour sepanjang garis rambut dan pada bagian bawah dagu. Juga, ulaskan contour pada bagian bawah tulang pipi.

Sedangkan untuk highlight, cukup aplikasikan produk pada bagian bawah mata.

7. Contour wajah bentuk diamond

Ini Teknik Contour Sesuai dengan Bentuk Wajahmu

Pada pemilik wajah bentuk diamond atau wajik, aplikasikan contour cukup pada bagian bawah tulang pipi.

Lalu, aplikasikan highlight pada bagian bawah mata, tulang alis, serta di bagian tengah kening dan dagu.

Itulah fungsi dan cara contour sesuai bentuk wajah. Jadi, kamu bisa mendapatkan bentuk wajah yang lebih terdefinisi dan lebih tegas!

Baca Juga: Ini Cara Tepat Pilih Warna Contour Agar Sesuai Skin Tone