Kamu setuju kan Bela, kalau parfum merupakan salah satu produk yang wajib banget ada di dalam tas. Kamu juga pasti sering banget lihat tulisan eau de parfum maupun eau de toilette di kemasan parfum yang dibeli. Kamu tahu nggak sih apa bedanya kedua jenis parfum tersebut? Cari tahu di sini yuk.

Sebelumnya, kata eau de parfum dan eau de toilette itu sendiri berasal dari bahasa Perancis. Keduanya secara harfiah memiliki arti sama, yaitu minyak wangi. Dari kedua jenis parfum ini terdapat perbedaan kandungan minyak pengharum, aroma, waktu ketahanan, dan yang pasti juga perbedaan harga.

1. Eau de Parfum (EDP)

Eau de Parfum & Eau de Toilette, Apa Bedanya Ya?talesinsequins.com
 

EDP mengandung 15-20% konsentrat minyak pengharum yang secara langsung memengaruhi aroma minyak wangi yang akan semakin kuat, sehingga EDP ini bisa bertahan selama enam hingga delapan jam ketika sudah disemprotkan. Harga yang dijual untuk EDP pun biasanya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan EDT.

2. Eau de Toilette (EDT)

Eau de Parfum & Eau de Toilette, Apa Bedanya Ya?marieclaire.com.my
 

Di sisi lain, EDT mengandung 5-15% konsentrat minyak pengharum yang mana hasil aromanya lebih ringan dibandingkan dengan EDP. Penggunaan EDT ini akan bertahan selama empat sampai enam jam, dan harga yang ditawarkan pun pastinya di bawah EDP.

Nah, sekarang Bela sudah tahu kan apa bedanya jenis parfum eau de parfum dan eau de toilette? Jadi, kamu nggak akan bingung lagi untuk memilih dan membeli jenis parfum pilihanmu di masa mendatang.

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Ini 5 Cara Biar Aroma Parfum Kamu Lebih Tahan Lama