Perempuan memakai makeup dengan tujuan untuk terlihat lebih cantik dan fresh saat beraktivitas. Tetapi, seringkali baru di tengah hari makeup kita sudah ‘hilang’ atau bergeser sehingga membuat kita harus melakukan touch up yang lumayan ribet untuk dilakukan apabila kita sedang dalam kegiatan yang padat. 

Selain melakukan touch up, salah satu hal yang menjadi concern kita adalah pemakaian makeup terlalu lama dapat membuat kulit kita kering bahkan karena pori-pori tertutup makeup bisa membuat wajah jerawatan. Lalu bagaimana cara menyiasati hal tersebut?

Sebenarnya ada berbagai cara untuk menjaga kulit kita tetap terhidrasi saat menggunakan makeup, dan juga cara menyiasati makeup agar tahan lama pada wajah. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum menggunakan makeup kita harus memastikan kulit kita dalam keadaan yang siap untuk dipulaskan makeup. Bagaimana cara memastikan hal tersebut? Berikut ini ada 3 cara yang dapat membuat makeup lebih tahan lama!

1. Menggunakan Sheet Mask

Biar Makeup Tahan Seharian Tanpa Touch Up, Ini yang Harus Kamu Lakukanthecut.com

Salah satu influencer asal Amerika yaitu Camila Coelho, mengatakan bahwa salah satu rahasia memiliki makeup yang tahan lama dan tampak flawless di wajah baginya adalah dengan menggunakan sheet mask sebelum pemakaian makeup

Hal ini bisa jadi salah satu hal yang kamu dapat lakukan karena sheet mask memiliki essence yang berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga walaupun memakai makeup dalam waktu yang lama. Gunakan sheet mask 20 menit sebelum kamu memulai sesi dandan kamu ya, Bela!

2. Menggunakan Face Primer

Biar Makeup Tahan Seharian Tanpa Touch Up, Ini yang Harus Kamu Lakukanescentual.com

Setelah menggunakan sheet mask bukan berarti kamu bisa langsung menggunakan makeup. Biasakan untuk menggunakan face primer. Fungsi dari face primer adalah melindungi kulit dan menjaga keadaan kulit dari makeup yang bisa menyumbat pori-pori atau membuat wajah kering. 

Sebagai salah satu saran, mungkin Bela bisa memakai face primer yang mengandung kandungan silikon karena dapat menutup pori-pori sehingga tidak mudah tersumbat makeup yang dapat mengakibatkan jerawat atau iritasi lain pada kulit.

3. Menggunakan Setting Spray

Biar Makeup Tahan Seharian Tanpa Touch Up, Ini yang Harus Kamu Lakukanburo247.sg

Ini adalah kunci dari makeup yang tidak mudah bergeser dan tahan lama. Ya, setelah kamu selesai berdandan jangan lupa untuk menggunakan setting spray untuk mempertahankan makeup pada wajahmu. 

Pastikan setting spray yang kamu gunakan tidak mengandung alkohol, karena kandungan alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan berakibat makeup menjadi cracking lebih mudah. Semprotkan setting spray dengan jarak 15 cm dari wajah dan apabila terlalu basah tunggu hingga benar-benar kering agar setting spray bekerja maksimal.

Nah, itu tadi 3 hal yang harus kamu perhatikan agar kamu memiliki kulit yang sehat sehingga saat memakai makeup dapat lebih tahan lama tanpa touch up

Baca Juga: 7 Langkah Makeup Flawless untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat